Respons PAN soal Sosok S yang Disebut-sebut Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Reporter: Savero Aristia Wienanto

Editor: Eko Ari Wibowo

Sabtu, 10 Agustus 2024 14:09 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau Sekjen PAN Eddy Soeparno merespons sosok berinisial S yang disebut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Adapun Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono disebut-sebut sebagai orang berinisial S itu.

Eddy mengaku bahwa Suswono menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk menjadi calon wakil gubernur. Namun, dia mengatakan KIM belum resmi mengusung Suswono.

"Saya dengar memang beliau yang diusulkan. Tetapi kepastiannya tunggu pengumuman resmi KIM," kata Eddy Soeparno dalam pesan tertulisnya kepada Tempo, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad H. Wibowo mempersilakan publik untuk mencari tahu siapa sosok S yang disebut Airlangga. Menurut dia, sosok berinisial S bisa merujuk ke siapa saja, termasuk tokoh PKS. Namun, dia enggan menyebut dengan tegas siapa orang berinisial S itu.

Dradjad juga menyambut baik wacana PKS untuk merapat ke kubu KIM untuk mendukung Ridwan Kamil. "Jika PKS siap bergabung tentu akan bagus sekali. Ahlan wa sahlan (selamat datang)," ujar Dradjad dalam pesan tertulisnya via WhatsApp.

Lebih lanjut, Dradjad menyebut jika jadi bergabung dengan KIM Plus, maka PKS berkesempatan untuk mengajukan siapa calon wakil gubernur sebagai pendamping Ridwan Kamil.

"Kalau PKS memang bergabung dan kalau semua sepakat cawagub dari PKS, ya nanti PKS yang mengusulkan nama," tuturnya.

Tak sampai di situ, Dradjad menegaskan, KIM akan mengedepankan pengusungan pasangan calon terbaik berdasarkan kompetensi dan pengalaman untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia juga menyatakan sejumlah nama yang pasti akan bertarung telah dipersiapkan. "Belum final, tapi sudah mengerucut," ucapnya.

Hingga berita ini dibuat, Tempo masih berupaya untuk mendapatkan konfirmasi dari PKS soal kemunculan Suswono dalam bursa cawagub Jakarta di kubu KIM Plus.

Kemunculan Inisial S

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan KIM sudah mengantongi identitas bakal calon wakil gubernur Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Bakal cawagub Ridwan tersebut berinisial S.

“Sudah ada (bakal cawagub RK). Sementara inisialnya S,” kata Airlangga saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini memastikan bahwa S bukanlah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu maupun Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Muhammad Sohibul Iman. Nama keduanya sempat mengemuka ketika PKS berencana bergabung ke Koalisi Indonesia Maju untuk menghadapi Pilkada Jakarta.

“None of the above (tidak seorang pun dari mereka),” kata Airlangga saat dikonfirmasi inisial S itu adalah Syaikhu atau Sohibul Iman.

Saat ini Koalisi Indonesia Maju –koalisi partai pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden 2024-- sudah memastikan akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta. Namun, mereka belum mengumumkan cawagub Ridwan Kamil.

Di tengah jalan, PKS disebut-sebut merapat ke KIM. Padahal PKS awalnya akan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon gubernur di Jakarta.

Tempo mendapatkan informasi bahwa anggota Koalisi Indonesia Maju sudah menyepakati Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS, Suswono, sebagai bakal cawagub Ridwan Kamil. Sejumlah petinggi KIM yang ditemui oleh Tempo sepanjang pekan ini membenarkan informasi tersebut.

Beberapa sumber Tempo di KIM mengatakan koalisinya memilih kader PKS di posisi cawagub karena partai ini menjadi pemenang pemilu di Jakarta. Adapun Suswono dipilih sebagai jalan tengah dari dua faksi di PKS yang disebut-sebut berbeda sikap dalam menghadapi Pilkada Jakarta. Faksi pertama tetap hendak mengusung Anies sebagai calon gubernur. Faksi lainnya memutuskan untuk bergabung ke poros Partai Gerindra.

Suswono pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian di periode kedua pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009 hingga 2014. Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR periode 2004-2009. Ia terpilih menjadi anggota DPR di daerah pemilihan Jawa Tengah IX, yang meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes.

https://nasional.tempo.co/read/1902132/respons-pan-soal-sosok-s-yang-disebut-sebut-pendamping-ridwan-kamil-di-pilkada-jakarta

  • Hits: 13

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id