Cawagub RK Inisial S, Dewan Pakar PAN Singgung Petinggi PKS Suswono

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews

Jumat, 09 Agu 2024 20:15 WIB

Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto membeberkan figur kuat bakal cawagub Ridwan Kamil (RK) yakni berinisial S. PAN, partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama Golkar, menyinggung figur itu kemungkinan merupakan petinggi PKS, yang belakangan membuka opsi bergabung KIM di Pilgub Jakarta.

"Jika PKS siap bergabung tentu akan bagus sekali. Ahlan wa sahlan jika jadi. Itu adalah keputusan teman-teman di PKS," ujar Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo kepada wartawan, Jumat (9/8/2024).

Dia pun menyebutkan sosok inisial S di kalangan partai KIM. Dia menuturkan ada Waketum Gerindra Sugiono hingga Wakil Ketua MPR Fraksi Demokrat Syarief Hasan.

"Soal inisial S yang disebut Ketum Golkar Mas Airlangga, monggo di-google saja siapa tokoh atau pimpinan parpol KIM yang nama depannya S. Di Golkar tidak ada. Di Gerindra ada Waketum Sugiono. Di PAN ada Ketua Fraksi Saleh Daulay. Di Demokrat ada Wakil Ketua MPR Sjarief Hasan," ujarnya.

Selain nama-nama itu, Dradjad mengungkit kemungkinan kuat PKS bergabung KIM. Dia pun menyebut ada banyak figur berinisial S di partai pemenang pileg di Jakarta itu, di antaranya Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf dan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono.

"Kalau PKS bergabung, memang PKS yang paling banyak S-nya. Ketua Majelis Syuro dan Presidennya saja S. Tapi masak maju sebagai cawagub? Yang lainnya ada Sohibul Iman, Suharna, Suswono, Sukamta, Sigit, Soemandjaja. Itu kalau PKS bergabung lho," katanya.

Dradjad menuturkan figur bakal cawagub yang akan dipasangkan dengan RK masih belum ketok palu hingga kini. Namun, kata dia, bursa namanya sudah mengerucut.

"Yang jelas KIM mendorong figur yang berintegritas, matang kapasitas dan pengalamannya, serta diterima semua parpol KIM. Belum final, tapi sudah mengerucut," kata dia.

Airlangga sebelumnya membocorkan bacawagub Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta berinisial S. Airlangga memastikan tokoh yang dimaksud bukan Presiden PKS Ahmad Syaikhu ataupun Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

"None of the above (tidak satu pun dari hal di atas)," jawab Airlangga saat ditanya kemungkinan dua nama tersebut, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/8).

https://news.detik.com/pemilu/d-7482237/cawagub-rk-inisial-s-dewan-pakar-pan-singgung-petinggi-pks-suswono

  • Hits: 12

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id