2 Orang Dekat Prabowo Jadi Wamen, PAN Anggap Jokowi Ingin Transisi yang Bagus

Kompas.com - 19/07/2024, 17:03 WIB

Tatang Guritno, Dani Prabowo

JAKARTA, KOMPAA.com - Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo menganggap Presiden Joko Widodo punya kepentingan untuk memastikan transisi pemerintahan berjalan lancar.

Hal itu, menurutnya, yang menjadi latar belakang pengangkatan dua orang dekat presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai wakil menteri menjelang akhir masa pemerintahan Jokowi.

“Ya Pak Jokowi berkomitmen untuk menyiapkan peralihan yang bagus,” ujar Dradjad pada Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

Ia menyampaikan, Thomas Djiwandono yang merupakan keponakan Prabowo, dipilih menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II karena salah satu kunci pemerintahan ke depan adalah realisasi APBN 2024 dan penyusunan RAPBN 2025.

“Kenapa realisasi itu penting? Karena Pak Prabowo akan mewarisi untuk bulan November dan Desember,” sebut dia.

“Nah, itu kalau ada wamen yang timnya Pak Prabowo artinya pemerintah baru sudah punya prediksi yang detail, mengenai bagaimana nanti realisasi pajak, cukai, belanja,” sambungnya.

Di sisi lain, mantan sekretaris pribadi (sespri) Prabowo, Sudaryono dipasang menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) untuk mengawal perkembangan program food estate.

“Kalau untuk wamentan kan prioritas Pak Prabowo ke depan kan pangan. Itu prioritas besar, jadi dari awal disiapkan supaya nanti food estate bisa disempurnakan. Baik di Kalimantan maupun di Merauke,” tuturnya.

Terakhir, Dradjad menganggap wajar Jokowi ingin transisi pemerintahan berjalan mulus.

Pasalnya, putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka adalah wakil presiden terpilih.

“Wajar karena itu akan menjadi legasi Pak Jokowi dan yang kedua kan putranya yang akan jadi wapres di pemerintahan akan datang, jadi wajar kalau beliau menyiapkan transisi sebaik mungkin,” imbuh dia

https://nasional.kompas.com/read/2024/07/19/17031391/2-orang-dekat-prabowo-jadi-wamen-pan-anggap-jokowi-ingin-transisi-yang-bagus

  • Hits: 99

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id