Dewan Pakar TKN: Jangan Sok Tahu dan GR soal Calon Menkeu Prabowo

tim | CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 14:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo mengingatkan agar jangan ada pihak yang merasa paling mengetahui calon menteri keuangan (menkeu) di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, siapa pun sebaiknya tidak menyebarkan pernyataan yang spekulatif dan kontraproduktif tentang calon anggota kabinet termasuk calon menkeu karena bisa berdampak ke perekonomian negara.

"Jadi siapa pun, mohon jangan sok tahu atau GR-lah. Maafkan jika saya agak keras, karena berbagai spekulasi akhir-akhir ini sudah berdampak negatif terhadap APBN 2024 dan utang BI," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/7).

Drajat enggan memberitahu lebih lanjut sosok menkeu yang akan dipilih Prabowo. Ia hanya memastikan Prabowo akan memilih yang terbaik dan paling cocok.

"Saya tidak akan memberi jawaban yang spekulatif. Apalagi, sekarang rupiah banyak dipengaruhi faktor psikologis," katanya.

Presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan sudah mengantongi nama menteri keuangan (menkeu) di kabinet pemerintahannya nanti. Kabar tersebut dibocorkan oleh Ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan.

Heri mengatakan telah berdiskusi dengan calon menteri keuangan tersebut terutama soal keramahan terhadap pasar modal atau market friendly. Sosok tersebut katanya menghubungi Heri ketika muncul kabar Prabowo melaporkan ke Bank Dunia akan menaikkan utang 50 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kebetulan minggu lalu ada lagi berita dari Financial Times tentang interview. Pagi-pagi saya di-texting dari menteri keuangan yang akan datang, minta tanggapan yang market friendly gitu," kata Heriyanto dalam acara Market Outlook 2024, seperti dikutip dari Detik Finance, Rabu (17/7).

"Her, kasih dong apa sih komentar yang market friendly gitu lho, supaya bisa dikomunikasikan," kata Heriyanto menirukan calon menkeu tersebut.

Namun, Heri tidak membeberkan nama calon menteri keuangan di kabinet Prabowo tersebut. Ia hanya mengatakan sosok tersebut sangat memperhatikan nasib pasar modal Indonesia.

Heri mengklaim telah berdiskusi dengan tim ekonomi Prabowo.

"Di situ lah kita merasa ada kesempatan nih di mana market kita sudah keburu negative thinking, sudah jual duluan, tapi sebenarnya nanti kalau sudah lihat programnya mungkin, atau sudah lihat orangnya, oh ini kok kayaknya paten juga gitu, mungkin bisa begitu," beber Heriyanto.

Sebelumnya empat nama telah dikabarkan akan menjadi calon menteri keuangan Prabowo. Menurut sumber media asing Bloomberg mereka adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Para sumber menjelaskan nama-nama itu dianggap paling cocok untuk posisi menteri keuangan karena keahlian mereka di bidang keuangan dan juga kepemimpinan yang efektif.

"Prabowo tidak akan melibatkan posisi menteri keuangan dalam tawar-menawar politik, karena ia melihat posisi itu berada di atas politik dan membutuhkan ketajaman dalam mengelola anggaran," tambah para sumber.

Kendati demikian kata sumber itu, nama-nama itu bisa saja berubah. Sebab, diskusi pembentukan kabinet masih berada dalam tahap awal.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240717134759-532-1122278/dewan-pakar-tkn-jangan-sok-tahu-dan-gr-soal-calon-menkeu-prabowo

  • Hits: 29

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id