Kubu Prabowo soal Proyek IKN Baru 15%: Tugas UU, Tetap Lanjutkan

Mis Fransiska Dewi

17 July 2024 16:20

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Tim Ekonomi Prabowo, Dradjad Wibowo menegaskan Prabowo akan tetap melanjutkan proyek IKN. Respons tersebut diutarakan Dradjad usai Presiden Jokowi mengatakan progres pembangunan IKN baru mencapai 15%.

"Pemerintah Pak Prabowo tetap akan melanjutkan IKN. Bukan hanya karena komitmen politik, tapi IKN itu sudah menjadi perintah UU," ujar Dradjad saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Rabu (17/7/2024).

Dradjad mengatakan selama UU IKN tetap berlaku, maka perintah tersebut harus ditegakkan. Tak cuma IKN, kata dia, Prabowo juga akan melanjutkan semua program pembangunan, baik makan bergizi, IKN, swasembada pangan dan energi, dan penyediaan rumah sakit berkualitas.

"Tentu akan menjadi beban belanja APBN. Semuanya akan dilakukan bertahap sesuai ruang fiskal yang ada," kata dia menegaskan.

"Ruang fiskal akan terus diperbesar melalui peningkatan rasio penerimaan negara terhadap PDB. Jadi kuncinya memang penerimaan negara/ Jika hal ini beres, urusan yang lain lebih leluasa ditanganinya," kata dia menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal pindah ke IKN Nusantara pada Juli ini. Jokowi bahkan mengakui progres pembangunan IKN hingga Agustus pun baru sampai 15%.

"Airnya sudah ada, listriknya sudah ada. Tapi belum bisa masuk. Masih proses," ujar Jokowi menjawab wartawan di Lanud Halim Perdanakusumah, kemarin.

"Mungkin.. baru selesai 15% Agustus ini. Makanya investasi baik dari dalam maupun dari luar terus kita kejar," ujar Jokowi menegaskan.

Penegasan Jokowi batal pindah kantor ke IKN pun didasari alasan bahwa IKN saat ini terus mengalami hujan deras.

"Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras sekali jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar," kata Jokowi.

https://www.bloombergtechnoz.com/detail-news/43806/kubu-prabowo-soal-proyek-ikn-baru-15-tugas-uu-tetap-lanjutkan/2

 

 

  • Hits: 28

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id