Soal Makan Siang Gratis, TKN: Jangan Diketawain, Itu Program Dahsyat

Bisa bikin anak muda minat kerja di sektor pertanian

 

05 Feb 24 | 19:07

Verified:  Trio Hamdani

 

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, menegaskan bahwa program makan siang gratis bukanlah sesuatu yang sepele atau patut ditertawakan.

 

Dia menyatakan program makan siang gratis memiliki dampak serius, bahkan telah diimplementasikan di 76 negara.

 

“Yang pertama, makan siang gratis. Tolong jangan diketawakan karena itu program yang dahsyat ya, sudah dilakukan 76 negara,” kata dia dalam diskusi bertajuk “Muda Menggugat” dan Peluncuran Deklarasi Ekonomi Hijau Greenpeace Indonesia, di Toeti Heraty Museum, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

 

1. Program makan siang gratis diyakini tingkatan minat anak muda kerja di pertanian

Dradjad menyampaikan bahwa banyak anak muda yang enggan terlibat dalam sektor pertanian karena dianggap kurang menjanjikan. Namun, dengan program makan siang gratis yang melibatkan negara sebagai pembeli atau offtaker, harga produk pertanian akan terjamin.

 

Hal itu, kata dia, diharapkan dapat memberikan kepastian kepada anak-anak muda yang ingin terlibat dalam pertanian sehingga membuatnya lebih menarik dan menjamin perekonomian mereka di sektor tersebut.

 

“Nah, dengan adanya program ini, negara menjadi pembeli, menjadi offtaker, otomatis harga akan terjamin. Jadi otomatis anak-anak muda yang ingin terjun ke pertanian akan lebih terjamin,” tuturnya.

 

2. Program makan siang gratis diyakini akan melahirkan green jobs

Dradjad menyatakan bahwa lapangan pekerjaan berkelanjutan atau green jobs akan muncul dari sektor-sektor seperti pertanian, kehutanan, dan peternakan. Program makan siang gratis juga akan mendukung kemunculan green jobs.

 

Dia menyatakan bahwa Prabowo-Gibran dapat menciptakan 19 juta lapangan kerja dalam waktu 5 tahun, dengan 5 juta di antaranya merupakan green jobs.

 

“Kita lapangan kerja langsungnya itu kita sudah targetkan. Karena memang kita mau genjot transisi ke ekonomi hijau itu, dan di dalam visi-misi Prabowo-Gibran eksplisit sekali ekonomi hijau, ekonomi sirkular, ekonomi digital. Jadi kita eksplisit sekali di dalam visi-misi itu,” tuturnya.

 

3. Gibran sebut program makan siang gratis Rp400 triliun banyak dinyinyiri

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengakui bahwa program makan siang gratis yang diusung bersama calon presiden Prabowo Subianto kerap mendapatkan nyinyiran.

 

Meski demikian, Gibran menegaskan program makan siang gratis ini merupakan investasi menuju Indonesia emas.

 

"Kita punya program makan siang gratis banyak yang nyinyir, tetapi sekali lagi program makan siang gratis ini investasi menuju Indonesia emas, program makan siang gratis Rp400 triliun ini adalah stimulan untuk ibu-ibu, warteg-warteg warung-warung, catering catering yang ada di daerah-daerah," ujar Gibran di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

 

https://www.idntimes.com/business/economy/trio-hamdani/soal-makan-siang-gratis-tkn-jangan-diketawain-itu-program-dahsyat.

 
  • Hits: 151

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id