TKN Prabowo-Gibran: Jangan Tertawakan Makan Siang Gratis, Itu Program Dahsyat

Selasa, 6 Februari 2024 05:05 WIB

Reporter: Amelia Rahima Sari

Editor: Martha Warta Silaban

 

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo, angkat bicara soal program makan siang gratis yang sering ditertawakan.

 

"Jadi makan siang gratis, tolong jangan ditertawakan karena itu program yang dasyat. Sudah dilakukan di 76 negara," kata Drajad dalam Diskusi Muda Menggugat dan Peluncuran Deklarasi Ekonomi Hijau Greenpeace Indonesia di Jakarta pada Senin, 5 Februari 2024.

 

Dia mencontohkan bahan-bahan makanan dari program makan siang gratis akan disediakan oleh para petani dan peternak. Dengan program ini, kata dia, negara menjadi pembeli atau offtaker. "Otomatis harga terjamin," ucap dia.

 

Di sisi lain, dia menyebut, anak-anak muda enggan menjadi petani. Sebab, dinilai tidak menjanjikan.

 

Drajad mengklaim program ini juga bisa membuat generasi muda tertarik bekerja di sektor pertanian. Ihwalnya, harga pangan terjamin. "Jadi, otomatis anak-anak muda yang ingin terjun ke pertanian akan lebih terjamin," tutur Drajad.

 

Sebelumnya pada Debat Cawapres pertama, Gibran mengatakan banyak yang nyinyir dengan program makan siang gratis. Namun, ujar dia, program ini adalah investasi menuju Indonesia Emas 2045.

 

Menurut Gibran makan siang gratis dengan biaya sebesar Rp 400 triliun ini bakal menjadi stimulan bagi ibu-ibu yang memasak makanan dalam program ini. Sehingga, uang ratusan triliun itu akan mengalir hingga ke daerah-daerah.

 

https://bisnis.tempo.co/read/1830086/tkn-prabowo-gibran-jangan-tertawakan-makan-siang-gratis-itu-program-dahsyat

 

  • Hits: 131

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id