TKN Prabowo-Gibran: Orang Tertawa dengan Hilirisasi Digital karena Belum Tahu.

Selasa, 6 Februari 2024 08:37 WIB

Reporter: Amelia Rahima Sari

Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti

 

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, buka suara soal program hilirisasi digital yang sering disorot publik belakangan ini.

 

"Orang tertawa dengan hilirisasi digital, tapi karena mungkin mereka belum tahu apa itu produk-produk ekonomi digital," kata Drajad dalam acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta pada Senin, 5 Februari 2024.

 

Dia mencontohkan, misalnya bank memberikan layanan mobile banking. Hal ini disebut digitalisasi.

 

"Tapi ketika jago-jago data, jago-jago matematika, jago-jago computing di-hire oleh bank itu, memanfaatkan data yang itu, kemudian dia membuat produk, itu hilirisasi digital," kata Drajad.

 

Hal tersebut lah yang ingin didorong oleh Prabowo dan Gibran. Drajad pun mendorong anak-anak muda yang jago matematika maupun programming untuk terjun ke arah sana karena akan menjadi pemerataan kesempatan kerja.

 

Sebelumnya, narasi hilirisasi digital sejatinya telah dilontarkan oleh Gibran pada Debat Cawapres pertama pada akhir Desember 2023. Kala itu, Gibran mengatakan butuh generasi emas untuk mewujudkan Indonesia emas.

 

Oleh karena itu, kata dia, Indonesia harus mampu mengubah tantangan masa depan (future challenge) menjadi future opportunity alias kesempatan masa depan. Caranya dengan future talents (bakat masa depan) yang dilengkapi dengan future skills (skil masa depan).

 

"Untuk itu hilirisasi digital akan kami genjot," ujar Gibran pada Jumat, 22 Desember 2023.

 

Gibran juga yakin sekitar 19 juta lapangan kerja akan terbuka untuk semua kalangan, termasuk generasi Z hingga kaum disabilitas pada lima tahun mendatang.

 

"Manfaat hilirisasi juga akan dapat menciptakan lapangan kerja hingga 19 juta lapangan kerja dalam lima tahun ke depan. Ini adalah peluang yang luar biasa, khususnya untuk generasi milenial, generasi Z, kaum perempuan dan juga kawan-kawan disabilitas," ujar dia di acara 'Suara Muda untuk Prabowo-Gibran, Menjemput Indonesia Maju' di JCC Jakarta, Sabtu, 27 Januari 2024.

 

Putra sulung Presiden Jokowi ini pun menekankan pentingnya proses hilirisasi digital demi kemajuan bangsa dan hal itu membutuhkan tenaga anak-anak muda yang ahli di berbagai bidang yang berkaitan dengan teknologi.

 

"Hilirisasi digital memerlukan anak-anak muda yang ahli di bidang data scientist, AI researcher, video game designer, UX designer, robotic engineer, machine learning engineer, fintech, cyber security, dan lain-lain."

 

https://bisnis.tempo.co/read/1830230/tkn-prabowo-gibran-orang-tertawa-dengan-hilirisasi-digital-karena-belum-tahu

  • Hits: 123

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id