PAN Sebut Kader Selebritas Siap Dukung Zita Anjani di Pilgub Jakarta

Reporter: Savero Aristia Wienanto

Editor: Juli Hantoro

Selasa, 11 Juni 2024 10:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad H. Wibowo mengungkap langkah politik partainya dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta. Dia menyebut Wakil Ketua DPRD Jakarta Zita Anjani masih menjadi prioritas untuk diusung oleh PAN.

"PAN sementara ini masih menjajaki kemungkinan pencalonan Zita Anjani dalam Pilkada Jakarta," kata Dradjad dalam pesan tertulisnya kepada Tempo melalui aplikasi Whatsapp, Senin, 10 Januari 2024.

Drajad juga mengatakan bahwa anak Ketua Umum PAN itu lebih berkemungkinan dicalonkan sebagai calon wakil gubernur. Saat ditanya soal siapa yang direncanakan sebagai pasangan Zita, Dradjad enggan menjawab.

"Kita lihat saja bagaimana nanti perkembangannya," ujarnya.

Lebih lanjut, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) itu juga menyatakan calon yang diusung partainya siap bersaing dengan siapa pun, termasuk mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang kini mendapatkan sinyal positif dari PKS dan PKB.

"Tidak masalah. PAN punya banyak tokoh pendulang suara di Jakarta," tuturnya.

Dradjad menyampaikan, salah satu strategi yang akan digunakan PAN untuk mendulang suara bagi Zita ialah dukungan para kader yang berasal dari kalangan selebritas.

"Selain selebritas seperto Eko Patrio, Pasha, dan Uya Kuya, banyak tokoh nasional PAN di Jakarta yang akan bahu membahu membantu pemenangan jika Zita jadi maju," ucapnya.

Zita Anjani santer disandingkan dengan sejumlah nama untuk terjun di Pilgub Jakarta. Antara lain, Zita rencananya diduetkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, hingga Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebelumnya, rencana duet Zita dan Kaesang ini diungkapkan oleh Zulkifli Hasan alias Zulhas yang juga merupakan ayah Zita. Menteri Perdagangan itu menceritakan tanggapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal kemungkinan Kaesang ikut serta dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024. Usai rapat bersama Jokowi, ia sempat bertanya bagaimana jika Kaesang maju dalam Pilgub Jakarta.

“Tadi saya tanya sama Bapak (Jokowi), habis rapat. ‘Pak bagaimana kalau Kaesang maju (Wagub Jakarta)?’” kata dia di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin, 3 Juni 2024. Jokowi, kata Zulhas, tak berharap jika Kaesang maju menjadi pemimpin Jakarta. “Waduh, jangan Pak Zul,’ kira-kira begitu,” ujar Zulhas menirukan jawaban Jokowi.

https://nasional.tempo.co/read/1878448/pan-sebut-kader-selebritas-siap-dukung-zita-anjani-di-pilgub-jakarta

  • Hits: 52

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id