Eko Patrio Dicalonkan Masuk Kabinet oleh PAN, Menteri Apa?

Editor: Yudono Yanuar

Selasa, 7 Mei 2024 15:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Nama mantan komedian Eko Patrio atau Eko Hendro Purnomo, yang kini menjadi anggota DPR dari PAN, digadang-gadang masuk kabinet Presiden Prabowo Subianto.

Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, ketika ia bicara tentang kandidat partainya untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

Menurut dia, untuk Jakarta-1, ia sebenarnya mempunyai 3 kandidat yaitu Sigit Purnomo Said atau Pasha Ungu, Eko Patrio, dan putrinya sendiri, Zita Anjani.

Ia kemudian meralat ucapannya dan mengatakan Eko Patrio disiapkan untuk menjabat menteri di kabinet mendatang.

"Kalau di Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya," kata Zulhas, yang juga menteri perdagangan kabinet Presiden Jokowi.

Majalah Tempo edisi 5 Mei 2024, menulis tentang partai-partai yang mengincar kursi kabinet. Disebutkan bahwa PAN akan mendukung Erick Thohir, yang sekarang Menteri BUMN, untuk menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Baik Erick maupun Zulkifli belum menjawab pertanyaan majalah Tempo soal kabar itu. Namun Ketua Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo, mengatakan usulan nama calon menteri merupakan hak ketua umum.

Drajad tidak membantah atau membenarkan kabar tentang PAN mengincar posisi Menteri Perindustrian dan Menteri Kehutanan, bersaing dengan partai lain seperti Demokrat dan Golkar.

Jika benar Zulkifli akan menyorongkan nama Eko Patrio, bisa jadi sarjana sosial lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, bakal menjabat sebagai menteri ekonomi.

Mencuatnya nama Eko, yang kini Ketua DPD PAN Jakarta itu, mendapat sambutan Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman. Ia menilai sosok Eko Patrio pantas menjadi menteri pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Kalau potongannya, itu Eko pantas juga kalau jadi menteri. Kalau lihat baju ya, potongannya dengan bahannya, potongannya bagus, bahannya bagus, Eko jadi menteri. Menurut saya, pantas-pantas banget Pak Eko jadi menteri," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pernyataan yang dilontarkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan itu bisa saja mengindikasikan telah ada komunikasi yang dijalin dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih RI periode 2024-2049.

"Karena yang menyampaikan kan Bang Zul (Zulkifli Hasan), Bang Zul kan Ketum, tentu Ketum punya saluran komunikasi khusus dengan Pak Prabowo sesama Ketum, kan. Ya, mungkin saya menduga itu didapat langsung dari Pak Prabowo," ujarnya.

Dia pun mengaku ikut senang apabila Eko Patrio menduduki kursi menteri pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Ya, kami sih senang-senang saja, kalau Eko orang Jakarta Timur juga, kan. Jadi punya teman menteri saya. Saya ikut bangga," ucap Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Melawak dari SMA

Eko, 53 tahun, melawak dari SMA dengan mendirikan grup Seboel singkatan dari Sekelompok Bocah Eling, bersama Jejen dan Tejo. Kelompok ini sempat menjadi juara lawan yang diadakan Radio Suara Kejayaan.

Kedua rekannya ini kemudian keluar dan digantikan Taufik Savalas dan Akri. Setelah Taufik keluar, Eko membubarkan Seboel karena ingin kuliah di IISIP. Setelah lulus, ia bersama Akri dan Parto mendirikan Patrio yang sempat menjadi grup lawak papan atas.

Pada 2009 ia terjun ke politik dan menjadi calon legislatif PAN untuk daerah pemilihan Jawa Timur. Eko berhasil lolos ke Senayan dan mempertahankan posisinya hingga Pemilu 2024.

https://bisnis.tempo.co/read/1864999/eko-patrio-dicalonkan-masuk-kabinet-oleh-pan-menteri-apa

  • Hits: 73

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id