Jatah Makan Siang Gratis Tergantung Harga Pangan, Rp 15 Ribu di Jakarta Cukup?

28 Februari 2024 16:51 WIB

Ketua Dewan Pakar PAN dan Pembina SDI (Sustainable Development Indonesia), Drajad Wibowo, menjelaskan program makan siang gratis program Prabowo-Gibran, untuk setiap anak yang dapat, nanti akan disesuaikan dengan perkembangan harga pangan.

Sebelumnya Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan satu anak akan mendapatkan jatah makan siang sebesar Rp 15 ribu per hari, belum termasuk susu. Menunya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Drajad yang juga Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, mengatakan Rp 15 ribu adalah patokan unit biaya yang selama ini dibahas oleh timnya. Tapi angkanya bisa berubah tergantung  perkembangan harga pangan.

"Itu berdasarkan harga yang berlaku. Pada saat dijalankan tahun 2025, cukup tidaknya tentu tergantung kondisi harga-harga pada saat program ini dijalankan," kata Drajad kepada kumparan, Rabu (28/2).

Harga pangan di setiap daerah di Indonesia berbeda. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya melontarkan pertanyaan, apakah makan seharaga Rp 15.000 bisa kenyang. Menurutnya bila di Jogja, harga Rp 15 ribu mungkin cukup.

Masalahnya, harga pangan di Jogja dengan Jakarta berbeda. Menanggapi hal itu, Drajad menegaskan lagi, jatah makan siang gratis akan disesuaikan perkembangan harga pangan ke depan, sehingga angka Rp 15 ribu itu masih bisa berubah.

"Iya (Rp 15 ribu) baru patokan awal. Postur belanja negara 2025 saja belum selesai disusun," ujarnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/jatah-makan-siang-gratis-tergantung-harga-pangan-rp-15-ribu-di-jakarta-cukup-22FkutYdis8/full

  • Hits: 95

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id