Ini Persiapan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud buat Debat Ekonomi

Samuel Gading - detikFinance
Selasa, 19 Des 2023 14:44 WIB

Jakarta - Debat pertama calon wakil presiden (cawapres) akan berlangsung pada 22 Desember dan membahas soal ekonomi. Para anggota tim sukses mengaku setiap cawapres sudah melakukan sejumlah persiapan untuk perhelatan itu. Apa saja?

 

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Cak Imin, Irvan Pulungan menjelaskan bahwa Cak Imin melakukan sejumlah persiapan khusus menghadapi debat cawapres, salah satunya workshop persiapan debat.

 

Irvan menjelaskan di workshop itu, Cak Imin diberi bekal untuk memahami isu ekonomi serta agar piawai mengartikulasikan visi-misi yang dibawa pasangan AMIN.

 

"Di workshop kita tidak hanya siapkan materi tapi juga mempersiapkan calon bisa menyampaikan dan mengartikulasikan visi dan misi. Debat adalah platform yang bisa menjangkau (pemilih)," jelasnya dalam agenda Nasib Transisi Ekonomi Hijau di Tahun Politik yang terlaksana di William's Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (19/12/2023).

 

Kendati demikian, Irvan membeberkan bahwa Cak Imin sebetulnya tidak perlu diberi arahan terlalu dalam. Menurutnya, debat adalah makanan sehari-hari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

 

"Nggak perlu di-brief dalem-dalem menurut saya. Pasangan AMIN punya background aktivis. Dua-duanya nya pernah di lembaga negara jadi perdebatan tentang pengelolaan negara dan ekonomi negara itu makanan sehari-hari. Sudah khatam," jelasnya.

 

Kepercayaan diri serupa pun ditunjukkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Anggota Dewan Pakar TPN Agus Hermanto, pede menegaskan bahwa dari ketiga pasangan calon, cawapres yang paling siap adalah Mahfud MD.

 

"Dari ketiga paslon, wapresnya yang paling siap itu ya pak Mahfud. Beliau sudah ke mana-mana. DPR sudah, MK sudah, Menko sudah, jadi barangkali beliau itu anytime, kalau digedog (ditempat atau diserang debat) itu bisa (bertahan)," bebernya.

 

Agus mengungkap, TPN hampir setiap hari berkumpul membahas mengenai debat cawapres. Pembahasan pun mengundang sejumlah pakar seperti akademisi. Ia optimistis Mahfud bisa tampil apik dalam debat cawapres.

 

"Apapun topiknya nanti menyesuaikan judul (tema) debat kan. Misalkan ekonomi, meskipun pak Mahfud belum menteri ekonomi tapi dia tahu (isu itu) karena pernah jadi anggota DPR, pernah bahas anggaran. Pengetahuannya sudah ke arah situ," terangnya.

 

Sementara, Dewan Pakar TKN Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Drajad Wibowo, mengungkap bahwa persiapan Gibran untuk menghadapi debat cawapres sudah sangat bagus. Ia bahkan mengatakan akan ada sejumlah 'kejutan' yang dimunculkan Gibran dalam debat.

 

"Mas Gibran, seperti yang saya sampaikan di beberapa tempat, mungkin akan menyampaikan sejumlah kejutan," ucapnya. Kendati demikian, ia tidak menjelaskan lebih rinci apa kejutan itu.

 

Menurutnya, pengalaman Gibran sebagai kepala daerah pun membuatnya memiliki kapasitas mumpuni untuk menghadapi debat cawapres. Apalagi, Gibran juga paham selera anak muda.

 

"Jadi persiapannya nggak ada masalah sama sekali, materi tentu kita siapkan, dari ekonomi, saya ikut membantu, kemudian pembangunan perkotaan semua materi kita siapkan. Kuncinya bagi mas Gibran adalah just be himself," pungkasnya.

 

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7097881/ini-persiapan-cak-imin-gibran-dan-mahfud-buat-debat-ekonomi

  • Hits: 137

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id