Kata PAN soal Isu Reshuffle dan Kabar Zulkifi Hasan Bakal Masuk Kabinet

Minggu, 12 Juni 2022 16:41 WIB

 

TEMPO.COJakarta - Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN), Dradjad Hari Wibowo mengatakan akhir-akhir ini di kalangan elit politik memang beredar spekulasi bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu, 15 Juni 2022.

 

"Spekulasi itu sering muncul menjelang Rabu Pon atau Pahing, hari di mana Presiden beberapa kali melakukan reshuffle. Kebetulan tanggal 15 ini jatuh Rabu Pahing, Wuku Kuningan," ujar Dradjad kepada Tempo, Ahad, 12 Juni 2022.

 

Dradjad bahkan mendengar spekulasi bahwa akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional. Kabar PAN bakal masuk kabinet pun muncul seiring menguatnya isu reshuffle. Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan salah satu yang disebut-sebut berpeluang masuk kabinet. Namun berbagai spekulasi tersebut, lanjut dia, belum bisa dipastikan kebenarannya.

 

“Jika akan terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal Pak Jokowi. Per hari ini, sahabat tersebut belum memberi info terkait reshuffle," ujar Dradjad.

 

Sebagai unsur pimpinan PAN, Dradjad masih menelusuri apakah spekulasi tadi hanya rumor atau sesuatu yang mendekati kebenaran. "Yang jelas, Bang Zul dan seluruh jajaran PAN selalu siap dan selalu mengabdi bagi bangsa dan negara, baik di dalam atau pun luar kabinet," ujar dia.

Seorang sumber di Istana menyebut Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat dengan menyertakan PAN dalam kabinet. Namun sumber tersebut belum bisa memastikan apakah reshuffle akan dilakukan pada 15 Juni seperti spekulasi yang beredar. Ia hanya menyebut beberapa menteri akan dicopot dan ada menteri yang akan digeser dari jabatan semula ke posisi lain.

 

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay enggan menduga-duga kemungkinan PAN bakal diajak bergabung ke kabinet. Kata dia, PAN  mendukung Jokowi dengan atau tanpa menteri di kabinet.

 

"Kalau Pak Jokowi mau reshuffle, itu kan hak Pak Jokowi. Kami di PAN sudah lama menyatakan dukungan kepada Presiden Jokowi. Apapun keputusan presiden, tentu kami akan ikuti. Apakah akan dapat menteri atau tidak, itu urusan Pak Jokowi.

 

Kalau Pak Jokowi memberikan kesempatan pada PAN, tentu kami akan senang hati menerima dan mengirimkan kader terbaik kami yang sesuai keinginan Pak Jokowi," ujar Saleh, Ahad, 12 Juni 2022.

 

Isu reshuffle kabinet mencuat sejak PAN menyatakan bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah pada Agustus 2021. Namun hingga kini, Jokowi belum melakukan reshuffle dan PAN belum mendapat kursi di kabinet.

 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya juga enggan memberi konfirmasi soal kabar reshuffle digelar 15 Juni 2022. Pratikno tidak membantah juga tidak membenarkan. Dia hanya mengatakan, jika ada jadwal bakal dibocorkan demi sedikit.

 

"Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno, Kamis pekan lalu.

Pratikno juga enggan memberi bocoran pos menteri yang akan kena reshuffle kabinet. Ia hanya memberi kode bahwa pemerintah saat ini perlu bekerja cepat menyelesaikan berbagai masalah ekonomi. "Kita kan fokus ini banyak sekali, permasalahan yang harus ditangani secara cepat. Ekonomi global. Sangat dinamis. Kita harus sangat responsif," kata dia.

https://nasional.tempo.co/read/1601076/kata-pan-soal-isu-reshuffle-dan-kabar-zulkifi-hasan-bakal-masuk-kabinet

  • Hits: 382

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id