PAN : Nama Besar di Kabinet Jokowi Aman dari Reshuffle, tapi Ditegur Keras

Rabu, 15 Juni 2022 | 07:11 WIB

Penulis : Matius Alfons

Jakarta - Reshuffle kabinet semakin kuat dikabarkan akan terjadi. Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo mengaku mendengar kabar sejumlah nama besar di kabinet Jokowi tidak akan terkena reshuffle kabinet.

Dradjad sebelumnya sempat menyampaikan sejumlah nama-nama besar di kabinet Jokowi mungkin akan terguling dari kabinet Jokowi. Namun, kini dia memastikan nama-nama besar itu untuk sementara masih aman dari reshuffle.

"Yang nama besar itu katanya masih aman, untuk sementara ini," kata Dradjad saat dihubungi, Selasa (14/6/2022).

Meski aman dari reshuffle, Dradjad memastikan Jokowi melakukan teguran keras kepada nama-nama besar tersebut. Namun demikian, Dradjad tidak memberikan informasi terkait siapa nama-nama besar yang dimaksud

"Jadi sepertinya kena teguran keras," ucapnya.

Nama Besar Terguling dari Kabinet Jokowi

Dradjad Wibowo sebelumnya berbicara ada nama besar yang akan terguling dari kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia tidak menyebut siapa nama besar yang dimaksud. Namun, spekulasinya pemberhentian nama besar itu bakal berimbas pada situasi politik nasional.

"Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional," kata Dradjad kepada wartawan, Senin (13/6).

Dradjad menyebut selalu diberi tahu oleh sumber kunci di Istana terkait reshuffle. Namun kali ini dia mengaku belum diberi informasi tersebut.

"Jika akan terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberitahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal Pak Jokowi. Per hari ini sahabat tersebut belum memberi info terkait reshuffle," ujarnya.

Pejabat-pejabat Dipanggil Jokowi ke Istana

Untuk diketahui, pembahasan perombakan kabinet atau reshuffle terus bergulir. Per pukul 18.00 WIB, sudah ada beberapa pejabat yang dipanggil ke Istana Kepresidenan.


Dirangkum detikcom, per pukul 18.00 WIB, Selasa (14/6) sudah ada lima orang yang berada di Istana Negara. Salah satunya mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Pantauan detikcom, Hadi, yang mengenakan batik warna cokelat, tiba di kompleks Istana Kepresidenan pukul 17.30 WIB. Hadi mengaku dipanggil untuk datang ke Istana.


Selain Hadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga bertemu Presiden Jokowi di Istana kemarin. Namun belum diketahui ada agenda apa Prabowo menemui Jokowi.


Pantauan detikcom, Prabowo terlihat keluar dari Istana dan masuk ke dalam mobil untuk meninggalkan Istana pukul 16.30 WIB. Prabowo terlihat menggunakan kemeja dan peci hitam saat keluar dari Istana.


Kemudian, Menteri Perdagangan M Lutfi juga keluar dari Istana. Pantauan detikcom, Lutfi keluar dari kompleks Istana sekitar pukul 17.40 WIB. Lutfi langsung masuk mobil dan meninggalkan Istana.

Tidak ada keterangan yang dipaparkan. Lutfi menjawab singkat terkait kepentingan datang ke Istana.

Link Berita : https://news.detik.com/berita/d-6127785/pan-nama-besar-di-kabinet-jokowi-aman-dari-reshuffle-tapi-ditegur-keras/1

  • Hits: 354

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id