Prabowo Disebut Sudah Punya Calon Menkeu, Eks Dewan Pakar TKN: Jangan Sok Tahu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance

Rabu, 17 Jul 2024 13:25 WIB

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut-sebut telah mengantongi nama menteri keuangan (menkeu). Hal itu diungkap Ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan.

Terkait kabar tersebut, Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo meminta kepada semua pihak tidak menyebar pernyataan yang spekulatif terkait calon menkeu. Mantan Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu menilai, Prabowo tentu akan memilih yang terbaik.

"Siapapun sebaiknya tidak usah menyebar pernyataan yang spekulatif dan kontraproduktif tentang calon anggota kabinet, termasuk calon Menkeu. Pak Prabowo tentu akan memilih yang terbaik dan paling cocok untuk setiap portofolio. Tentu ada masukan mas Gibran dan para Ketum KIM," katanya kepada detikcom, Rabu (17/7/2024).

Ia mengatakan, tak akan memberikan keterangan spekulatif. Apalagi, sekarang rupiah banyak dipengaruhi faktor psikologis.

"Jadi siapapun, mohon jangan sok tahu atau ge-er lah. Maafkan jika saya agak keras, karena berbagai spekulasi akhir-akhir ini sudah berdampak negatif terhadap APBN 2024 dan utang BI," katanya.

Sebelumnya, Ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan mengaku sudah berdiskusi dengan menteri keuangan yang ditunjuk. Heriyanto mengatakan menteri keuangan Prabowo-Gibran meminta saran kepadanya terkait market friendly.

Hal ini untuk menanggapi berita heboh di Financial Times soal wawancara dengan Hashim Djojohadikusumo seputar rencana utang ke depan.

"Kebetulan minggu lalu ada lagi berita dari Financial Times tentang interview. Pagi-pagi saya di-texting dari menteri keuangan yang akan datang, minta tanggapan yang market friendly gitu," kata Heriyanto dalam acara Market Outlook 2024.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7443132/prabowo-disebut-sudah-punya-calon-menkeu-eks-dewan-pakar-tkn-jangan-sok-tahu

  • Hits: 24

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id