Nasdem dan PKB Dukung Prabowo-Gibran, PAN Sebut Jatah Kursi Menteri Parpol Koalisi Tak Terganggu

Kompas.com - 26/04/2024, 15:32 WIB

Tatang Guritno, Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo mengatakan, pihaknya tak resah dengan sikap Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyatakan mendukung pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Dradjad, bergabungnya dua partai politik (parpol) itu di gerbong Prabowo-Gibran tidak akan mengganggu jatah kursi partai politik (parpol) anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Sama sekali enggak ada. Karena Pak Prabowo untuk yang sudah ada, kita-kita sudah dapat gambaran (jatah kursi menteri),” ujar Dradjad pada Kompas.com, Jumat (26/4/2024).

“Jadi, katakanlah kuota kita enggak akan terganggu,” katanya melanjutkan.

Dradjad menyampaikan, komunikasi Prabowo dengan parpol koalisi masih dilakukan secara informal.

Bahkan, forum besar koalisi dengan mengumpulkan para petinggi parpol juga belum terjadi. Oleh karenanya, jatah kursi menteri pun masih bisa berubah karena proses politik yang dinamis.

“Iya, masih awal. Pokoknya jajaki jumlahnya, portofolionya kira-kira apa, itu masih panjang. Masih bisa berubah. Tapi kalau diobrolin sudah,” ujar Dradjad.

Di sisi lain, keputusan final formasi kabinet Prabowo-Gibran juga masih menunggu berapa parpol di luar KIM yang akan bergabung.

Selain itu, Dradjad mengatakan, Prabowo juga masih memikirkan pos kementerian yang mungkin diberikan pada figur nonpolitisi.

“Dari situ kemudian akan dilihat berapa yang akan diberikan pada nonpolitisi. Karena dikotomi politisi dan profesional enggak relevan,” kata Dradjad.

“Karena dikalangan politisi banyak juga yang bekerja sebagai profesional. Banyak yang lawyer profesional, pengusaha profesional. Itu nanti Pak Prabowo yang akan memutuskan,” ujarnya lagi.

Diketahui, politikus senior Partai Golkar Idrus Marham mengungkapkan bahwa Prabowo memberi jatah lima kursi menteri untuk partainya. “Yang disampaikan itu (Golkar dapat lima kursi) dengar-dengarnya begitu. Ya kalau tambah, alhamdulilah. Enggak tambah, kita ada peran-peran lain ya Golkar itu,” kata Idrus di Kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/26/15324621/nasdem-dan-pkb-dukung-prabowo-gibran-pan-sebut-jatah-kursi-menteri-parpol

  • Hits: 97

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id