Apa Menu Makan Siang Gratis? Tim Prabowo Beri Bocoran

Rosseno Aji Nugroho, CNBC Indonesia

27 February 2024 17:45

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka buka suara soal menu makanan dalam program makan siang gratis. Anggota Dewan Pakar TKN, Drajad Hari Wibowo mengatakan sampai saat ini sebenarnya menu makan siang gratis belum dibahas secara rinci.

"Itu sebenarnya belum dibahas rinci," kata Drajad dikutip Selasa, (27/2/2024).

Meski demikian, Drajad mengatakan secara pribadi merekomendasikan agar penyediaan makanan hingga menu dilakukan secara desentralisasi. Maksudnya, kata dia, pemerintah pusat hanya menyediakan anggaran.

Anggaran tersebut, kata dia, kemudian ditransfer ke pemerintah kabupaten dan pemerintah kota. Selanjutnya, kata Drajad, pemerintah daerah inilah yang akan berkomunikasi dengan sekolah mengenai menu makanan.

Dia mengusulkan agar pihak sekolah yang nantinya menentukan menu makanan para siswa. Menurut Drajad, menu yang disediakan tentu telah diberikan standar yang layak.

"Saya pribadi lebih senang negara mengirimkan dana, entah ke pemerintah kabupaten atau pemerintah kota. Nanti mereka yang akan mengatur dengan sekolah, sekolahnya yang mengatur menu, tapi nanti ada standarisasi menu," tutur dia.

Drajad mengatakan pemerintah pusat tidak mungkin terjun langsung untuk mengatur semua detail tersebut. "Tidak mungkin pusat mengatur semua toh," kata dia.

Sebelumnya, program makan siang gratis kemungkinan akan mulai diberlakukan pada tahun 2025. Kendati Prabowo dan Gibran belum resmi ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2024, pemerintah Presiden Jokowi sudah ancang-ancang menyiapkan pelaksanaan program ini di tahun 2025.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah saat ini masih membahas perihal anggaran program tersebut. Namun, dia mengatakan anggaran untuk makan siang gratis diperkirakan akan dipatok Rp 15 ribu per anak.

dalam rapat kabinet paripurna yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan belum ada ketetapan khusus terkait total kebutuhan anggaran yang dicanangkan dalam kerangka dasar APBN 2025.

"Per anak kira-kira Rp 15.000. Ya itu kan bisa dibuat macam-macam," kata Airlangga.

Airlangga menekankan, anggaran Rp 15.000 per anak itu di luar program susu gratis. Adapun menunya diserahkan ke masing-masing daerah dengan tetap berpatokan pada besaran anggaran Rp 15.000 per anak.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240227161819-4-518026/apa-menu-makan-siang-gratis-tim-prabowo-beri-bocoran

 

  • Hits: 113

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id