Drajad Wibowo TKN Sebut Jokowi Bakal Berperan Susun Kabinet Prabowo

CNN Indonesia

Sabtu, 24 Feb 2024 17:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo menyebut Presiden Joko Widodo bakal diberi peran penyusunan kabinet.

"Ya tentu Presiden Jokowi akan punyai peran signifikan dalam pembentukan pemerintahan Prabowo-Gibran," kata Drajad kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (24/2).

Akan tetapi, dia tidak merinci sejauh mana Jokowi bakal dilibatkan dalam penyusunan kabinet jika Prabowo-Gibran sudah dinyatakan menang Pilpres 2024.

Drajad hanya merinci ada tiga alasan Jokowi akan dilibatkan. Pertama, Drajad mengatakan visi-misi Prabowo-Gibran dibangun atas pondasi pencapaian Presiden Jokowi dan presiden-presiden sebelumnya.

Alasan kedua, ia mengatakan Prabowo-Gibran berjanji akan melanjutkan, menyempurnakan dan memperluas kebijakan Jokowi.

"Mulai IKN, hilirisasi dan pembangunan infrastuktur dan sebagainya, termasuk Bansos. Karena kita melanjutkan dan memperluas. Maka tentu Presiden Jokowi akan punya pernaan signifikan di situ," kata dia.

Alasan terakhir, Drajad mengatakan Presiden Joko Widodo memiliki popularitas serta tingkat kepuasan yang tinggi dari masyarakat.

Karenanya, ia mengatakan Jokowi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemenangan Prabowo-Gibran serta memiliki pengaruh politik besar dalam percaturan politik Indonesia.

"Itu alasan kenapa Prabowo-Gibran akan banyak dengar pandangan Presiden Jokowi dalam pembentukan pemerintahan maupun penyusunan kebijakan yang akan datang," kata dia.

Drajad menampik jika ada yang menganggap pelibatan Jokowi dalam pembentukan pemerintahan karena alasan permainan politik. Melainkan alasan keberlanjutan pembangunan dan stabilitas politik.

"Ada juga pertimbangan selama masa transisi ini kewenangan penyusunan RAPBN secara tata negara masih di bawah Presiden Jokowi. Tentu di situ kebijakan beliau akan sangat signifikan," kata dia.

Pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara terbanyak dibanding dua rivalnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan data rekapitulasi suara atau real count di situs resmi KPU dengan suara masuk 75 persen per Kamis (22/2) pukul 23.00 WIB, Prabowo-Gibran memperoleh 58,89 persen atau 65.049.492 suara. Sementara itu, paslon nomor urut satu dan tiga masih belum menyentuh angka 50 persen.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240224152956-32-1066836/drajad-wibowo-tkn-sebut-jokowi-bakal-berperan-susun-kabinet-prabowo

  • Hits: 104

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id