TKN Bocorkan Daerah Pertama yang Terima 'Hadiah' Makan Gratis Prabowo

Senin, 19 Feb 2024 19:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengungkapkan program makan siang dan susu gratis bakal langsung dilaksanakan begitu 'jagoannya' menjabat sebagai pemimpin negara pada Oktober 2024. Namun, program akan dimulai dari daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3 T).

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo mengatakan program yang menyasar 82,9 juta anak sekolah tersebut akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

"3 T dulu, tentu juga termiskin dan sebagainya. Karena ini kita laksanakan bertahap, jadi nggak langsung per tahun 82,9 juta anak. Kalau sebanyak itu, kita anggarannya bisa jebol tiap tahun," jelasnya dalam diskusi media, Senin (19/2).

Menurut Drajad, untuk tahap awal atau di tahun pertama rencananya makan gratis akan diberikan untuk 30-40 persen dari target. Namun, kepastiannya jumlah penerimanya akan diumumkan saat Prabowo-Gibran resmi bertugas.

"Ya, jadi bukan 82,9 juta langsung diberikan seperti program lain seperti PKH rutin tiap bulan ke 20 juta keluarga. Karena ini kan kita makan gratis tiap hari, jadi berbeda. Tapi yang pasti selama 5 tahun menjabat nanti 82,9 juta itu terealisasi 100 persen," kata Drajad.

Sementara, untuk budget makannya diberikan sekitar Rp15 ribu per kotak. Meski kecil namun dipastikan menunya ada protein seperti telur, ayam atau daging sapi.

"Saya rasa pak Prabowo akan bikin tim tersendiri, mungkin nanti diumumkan ke rakyat menunya hari ini di provinsi ini adalah telur atau ayam, atau daging. Jadi untuk mengantisipasi kalau misalnya makanan yang diberikan tidak layak," jelasnya.

Drajad menjelaskan sampai saat ini teknis pembagian dan pengawasan program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah ini tengah dalam tahap dimatangkan. Apakah akan disalurkan langsung oleh sekolah atau pemda setempat.

"Mungkin diatur di provinsi, kabupaten dan mungkin mereka bisa saja diatur dari pusat atau menyampaikan lalu disetujui pusat. Yang penting harus ada telur satu hari, ada daging ayam, daging sapi, tapi nggak barengan ya," pungkasnya.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240219183713-532-1064704/tkn-bocorkan-daerah-pertama-yang-terima-hadiah-makan-gratis-prabowo

  • Hits: 82

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id