Prabowo Ingin IKN Cepat Selesai, Disebut Sudah PDKT ke Negara Ini

Rosseno Aji Nugroho, CNBC Indonesia

20 February 2024 08:45

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden dan wakil presiden pemenang Pemilu 2024 versi hitung cepat Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disebut ingin proyek Ibu Kota Negara (IKN) cepat rampung.

Meskipun belum resmi dinyatakan menang, Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Drajad Wibowo sudah mulai mendekati pihak-pihak dari sejumlah negara untuk berinvestasi di IKN.

"Yang saya tahu beliau ingin ini dipercepat," kata Anggota Dewan Pakar TKN, Drajad Wibowo, Senin (19/2/2024).

Drajad mengatakan dirinya adalah salah satu orang yang sudah mulai berkomunikasi dengan pihak-pihak dari negara tersebut. Dia mengatakan negara-negara yang didekati ini bukanlah negara yang biasa berinvestasi di Indonesia, seperti Singapura, China atau Jepang.

"Ya ada beberapa negara yang tidak klasik, yang mungkin bisa saya share adalah India. India ini kan belum banyak," kata dia.

Drajad berkata Prabowo paham betul pembangunan IKN butuh investasi dari luar negeri. Investasi dari pengusaha dalam negeri, kata dia, tidak akan cukup untuk membangun proyek ini. "Kita harus pandai melobi beberapa tempat dan saya yang termasuk berkomunikasi," kata dia.

Sebelumnya, paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran dinyatakan unggul dalam hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei. Jika nantinya data real count atau perhitungan asli tidak jauh dari quick count, maka dapat dipastikan Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Dalam kampanye dan visi-misinya, Prabowo-Gibran menyatakan akan melanjutkan program-program yang telah diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu proyek yang akan dilanjutkan Prabowo adalah pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Jokowi sendiri menargetkan dapat menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Dia menilai perkembangan pembangunan IKN terus menunjukkan hasil yang baik yang ditandai makin banyaknya investasi masuk ke IKN.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240220071911-4-515845/prabowo-ingin-ikn-cepat-selesai-disebut-sudah-pdkt-ke-negara-ini

 

  • Hits: 123

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id