Gibran Siapkan Materi, Muhaimin Latih Diri, Mahfud Klaim Sudah Kuasai Tema Debat

Kendati sudah kuasai isu debat, Muhaimin, Gibran, dan Mahfud terus mengasah kemampuan demi berikan penampilan terbaik.

 

Oleh: WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN, KURNIA YUNITA RAHAYU, HIDAYAT SALAM

19 Januari 2024 12:06 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS — Tiga calon wakil presiden kini tengah bersiap menghadapi debat kedua bagi calon wakil presiden yang akan digelar pada Minggu (21/1/2024). Gibran Rakabuming Raka sedang menyusun materi, Mahfud MD mengklaim sudah menguasai topik, sementara Muhaimin Iskandar terus mengasah kemampuannya dengan latihan.

 

Debat cawapres yang merupakan debat keempat di Pemilihan Presiden 2024 akan mengambil tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

 

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Dradjad H Wibowo, mengatakan, jelang debat keempat yang merupakan debat kedua cawapres, Gibran telah mempersiapkan materi terkait topik debat. Dari sejumlah topik tersebut, akan ada hal yang diprioritaskan Gibran, tetapi ia tak menjelaskan prioritas yang dimaksud.

 

”Tentu ada butir-butir yang Mas Gibran bermaksud memberikan penekanan prioritas,” kata Drajad saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (18/1/2024).

 

Ia menambahkan, pendalaman materi itu melibatkan semua elemen TKN yang memiliki kompetensi di bidang tersebut untuk menyiapkan bahan. Mulai dari dewan pakar hingga fraksi partai politik di DPR yang merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM). Selain itu, bahan untuk dipelajari Gibran juga berasal dari pihak eksternal TKN, misalnya dari organisasi masyarakat sipil dan lembaga riset.

 

Setelah persiapan materi, kata Dradjad, masih ada sejumlah tahap yang juga disiapkan. Namun, itu tak bisa dipaparkan sebelum Gibran tampil di panggung debat. ”Yang jelas, Mas Gibran tetap tampil seperti biasa, yaitu just being himself, santuy, tidak pakai omon-omon,” ujarnya.

 

Debat cawapres yang merupakan debat keempat di Pilpres 2024 akan mengambil tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

 

Hal senada juga diungkapkan Juru Bicara Tim Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Achmad Baidowi. Menurut dia, materi sesuai tema sudah disiapkan oleh tim. Mahfud juga diklaim sangat menguasai tema debat.

 

Baidowi turut menyinggung peristiwa debat cawapres pertama saat Gibran bertanya terkait pajak karbon kepada Mahfud. Adapun topik mengenai pajak karbon seharusnya dibahas dalam debat cawapres kedua, bukan pertama.

 

”Memang terkait carbon capture and storage itu, yang dulu ditanyakan (saat debat cawapres pertama), harusnya debat kali ini. Insya Allah Prof Mahfud sudah menguasai hal itu. Kali ini, diharapkan semua yang disampaikan peserta debat sesuai dengan topik debat,” katanya.

 

Anggota Dewan Pertimbangan Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Saiful Huda, menjelaskan, Muhaimin Iskandar sudah siap menghadapi debat cawapres kedua pada Minggu mendatang. Muhaimin rutin berlatih dalam menyampaikan gagasannya agar bisa tepat waktu dengan durasi yang disediakan. Muhaimin juga rutin berdiskusi dengan para pakar Timnas Amin agar visi, misi, dan gagasan pasangan Amin tersampaikan dengan baik dan diterima masyarakat.

 

Dari sisi substansi materi, selama berkampanye Muhaimin telah menerima berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat yang berhubungan secara langsung dengan isu dan tema debat cawapres yang dibahas nanti. Dengan turun langsung melihat problematika yang dihadapi rakyat, maka gagasan yang akan disampaikan dapat lebih sesuai dan dipahami masyarakat.

 

”Tema debat cawapres bagi Muhaimin ini ada kedekatan secara penguasaan materi dan kedekatan emosional. Sebab, Muhaimin sering turun langsung ke bawah dan banyak menerima keluhan masyarakat baik mengenai konflik agraria, urusan petani, masalah lingkungan, adat, hingga desa,” ujar Huda.

 

Editor:

ANITA YOSSIHARA

 

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/01/18/gibran-susun-materi-mahfud-menguasai-muhaimin-latih-diri

  • Hits: 120

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id