Prabowo-Gibran Mau Geber Bioetanol dari Singkong dan Tebu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance

Rabu, 10 Jan 2024 16:28 WIB

 

Jakarta - Calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka akan mendorong pengembangan bioetanol dari singkong dan tebu sebagai bagian dari transisi energi. Kebijakan tersebut juga sebagai upaya dalam mendorong kemandirian gula.

 

"Sekaligus menuju kemandirian komoditas gula," kata Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo dalam acara Meneropong Bioenergi di Tangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Rabu (10/1/2024).

 

Dradjad mengatakan, pengembangan bioetanol merupakan program yang telah didengungkan Prabowo sejak lama. Dia bilang, pengembangan bioetanol bahkan sudah disampaikan Prabowo di berbagai kesempatan sejak tahun 2010.

 

"Pak Prabowo dari berbagai kesempatan sejak tahun 2010 sudah menyampaikan bagaimana memandang bioetanol biofuel sebagaimana sumber energi kita," katanya.

 

Lanjutnya, pengembangan bioetanol bisa dibilang menjadi program andalan Prabowo-Gibran. Pihaknya pun akan memperbanyak sumber-sumber bioetanol. Menurutnya, pengembangan bioetanol akan menyerap banyak lapangan kerja.

 

"Kalau ditanyakan program andalan Prabowo-Gibran untuk transisi energi bersih ini kita memperbanyak sumber-sumber bioetanol. Kalau di pangan ada food estate, kita juga ingin mengembangkan lumbung energi terutama melalui bioetanol," katanya.

 

"Karena akan banyak sekali, memberikan lapangan pekerjaan, menanam singkong, menanam tebu, rakyat kita relatif sudah banyak terbiasa," tambahnya,

 

Dalam materi yang ia sajikan, pihaknya juga akan mendorong penggunaan bahan bakar nabati untuk transportasi. Lalu, melakukan konversi batu bara menjadi gas di mulut tambang sebagai upaya mengurangi polusi.

 

Berikutnya, pihaknya akan mendorong energi terbarukan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.

 

"Untuk energi hijau alternatif itu ada air angin, matahari, surya, gelombang laut, panas bumi. Kita juga ingin menggenjot pengembangan kendaraan listrik," katanya.

 

https://finance.detik.com/energi/d-7134586/prabowo-gibran-mau-geber-bioetanol-dari-singkong-dan-tebu

  • Hits: 155

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id