Program Prabowo-Gibran Makan Siang dan Susu Gratis Disindir Mahfud MD, Ini Reaksi TKN

31 Desember 2023 16:35

 

Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) sekaligus Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyindir program makan siang dan susu gratis yang dicanangkan oleh paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

Menanggapi hal itu, Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo menilai publik perlu meragukan kepedulian Mahfud soal kondisi gizi anak-anak di Indonesia.

 

"Pernyataan Pak Mahfud itu membuat kita pantas meragukan kepedulian Prof Mahfud kepada kondisi gizi anak-anak Indonesia," kata Drajad saat dikonfirmasi, Minggu (31/12).

 

Pernyataan Mahfud itu juga dinilai ketidakpahaman terhadap program The World Food Program (WFP) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

 

"Sangat memprihatinkan karena beliau masih Menko Polhukam yang seharusnya sangat memahami prioritas-prioritas PBB. WFP memberi prioritas yang sangat tinggi terhadap program ini," tegas dia.

 

Dia mengatakan, makan siang bagi anak sekolah adalah salah satu investasi terbaik pemerintah.

 

"Kita tahu belanja pemerintah itu ada komponen konsumsi dan komponen investasi. Para ekonom memberi preferensi kepada belanja investasi dibanding konsumsi pemerintah. Makan siang gratis ini termasuk dalam belanja investasi pemerintah," ujar Drajad.

 

"Lebih memprihatinkan lagi, Pak Mahfud meremehkan program yang menjadi salah satu upaya andalan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan nomor 1, 2, 3, 4, 5 dan 8," sambungnya.

 

Drajad pun menyinggung bahwa di dunia ini sudah ada 76 negara yang menjalankan program makan siang gratis. Bahkan, Dia menyebut bahwa ada sekitar 418 juta anak di seluruh dunia yang menikmatinya.

 

Oleh karena itu, Drajad mengatakan, Prabowo-Gibran sebenarnya hendak menjalankan salah satu program yang tergolong sebagai praktik terbaik internasional.

 

"Program ini akan banyak dinikmati oleh pelaku usaha rakyat. Ketika kita bicara UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), sering yang terpikirkan adalah kredit, pelatihan dan sebagainya. Jaminan pasar dan harga bagi UMKM sering terlupakan. Padahal jaminan pasar dan harga itu sangat krusial," papar Drajad.

 

Sebelumnya, Mahfud menyindir program makan siang dan susu gratis yang dicanangkan pasangan Prabowo-Gibran.

 

Mahfud membandingkan program itu dengan program yang dia dan Ganjar Pranowo tawarkan yang dinamakan Gastronomi.

 

"Makan siang gratis susu dan sebagainya itu kan impor, kira-kira barang-barang impor. Kalau Gastronomi dari bumi-bumi kita dan laut laut kita," kata Mahfud MD saat jumpa pers di Djakarta Theatre, Jakarta, Sabtu (30/12).

 

https://www.merdeka.com/politik/program-prabowo-gibran-makan-siang-dan-susu-gratis-disindir-mahfud-md-ini-reaksi-tkn-69330-mvk.html?screen=10

  • Hits: 119

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id