TKN Ungkap Soal Materi yang Dibawakan Gibran dalam Debat Cawapres: Disiapkan Dewan Pakar dan Tim Khusus

Reporter

Han Revanda Putra

Editor

Juli Hantoro

Minggu, 24 Desember 2023 08:30 WIB

 

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran Dradjad Wibowo mengungkap soal materi yang disampaikan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres Jumat lalu. Menurut dia, materi itu telah disiapkan oleh Dewan Pakar dan tim tersendiri. Tak hanya Gibran, Dewan Pakar dan tim itu juga mempersiapkan materi debat capres Prabowo Subianto.

 

Kepada Tempo, Dradjad mengungkapkan informasi itu melalui pesan singkat. "Materi debat Mas Gibran, dan juga Pak Prabowo, disiapkan oleh Dewan Pakar dan tim tersendiri," ucapnya, Sabtu, 23 Desember 2023.

 

Tak hanya itu, Dradjad mengakui sejumlah orang membantu Gibran dalam menyusun taktik. Dalam debat cawapres, dia diketahui menyampaikan istilah-istilah teknis yang tak diketahui kandidat lain. "Ada beberapa orang yang membantu. Saya tidak bisa cerita lebih lanjut," ujarnya.

 

Perihal performa Gibran, dia mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada sejumlah media pada 8 Desember 2023 bahwa Wali Kota Solo itu akan membikin kejutan. Bahkan, dia mengatakan pada waktu itu, Gibran siap berdebat menggunakan gaya Amerika.

 

Namun, Dradjad mengatakan pada waktu itu justru pihaknnya dituding mau menghilangkan debat cawapres, Komisi Pemilihan Umum atau KPU melindungi Gibran, hingga tak bisa berdebat. "Padahal niat kami lebih agar debat itu memperdalam kebijakan," katanya.

 

Sebelumnya, Wakil Ketua TKN, Erwin Aksa, mengatakan Gibran sudah siap menghadapi debat cawapres. Gibran disebut berlatih dengan tiga tim pelatih yang disiapkan pihaknya. “Tim Gus Ipang, Tim Budi Djiwandono, dan Tim Pakar,” kata Erwin saat dihubungi Kamis siang, 21 Desember 2023.

 

Gus Ipang adalah sapaan akrab dari praktisi komunikasi publik sekaligus Staf Khusus Kementerian Koordinator Perekonomian, Irfan Wahid. Sementara itu, Budi Djiwandono merupakan Wakil Ketua Partai Gerindra. Tim Pakar yang dimaksud adalah tim dari Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

 

Menurut Erwin, ketiga tim itulah yang melatih dan mempersiapkan segala sesuatu untuk Gibran mengikuti debat. Erwin mengatakan putra sulung Jokowi itu sudah siap mengikuti debat cawapres. “Insyaallah, oke,” kata Erwin.

 

Debat cawapres pada Jumat malam kemarin diikuti oleh Gibran Rakabuming Raka, Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md. Mereka membahas soal ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

 

https://nasional.tempo.co/read/1813109/tkn-ungkap-soal-materi-yang-dibawakan-gibran-dalam-debat-cawapres-disiapkan-dewan-pakar-dan-tim-khusus#google_vignette

  • Hits: 131

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id