Dewan Pakar PAN: Usulan Mendukung Ganjar Capres Dipertimbangkan Lebih Lanjut oleh Zulhas

Kamis, 27 April 2023 11:03 WIB

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia

Editor: Theresia Felisiani

 

 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo mengatakan, bahwa menurut AD/ART PAN, keputusan capres-cawapres dibuat dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

 

Di mana, dalam Rakernas tahun 2022 PAN memberi mandat sepenuhnya kepada Ketua Umum Zulkifli Hasan mengenai pengusungan Capres-Cawapres ini.

 

"Jadi, secara formal, sebelum ada keputusan lain dari Rakernas, dan atau belum diumumkan resmi oleh Ketum, maka secara formal PAN belum mengusung Capres-Cawapres," kata Drajad Wibowo, Kamis (27/4/2023).

 

Drajad menjelaskan, tetapi secara realpolitik, jika melihat suara yang berkembang pada saat rapat koordinasi PAN pada 26 Februari 2023 di Semarang, banyak pemegang hak suara Rakernas PAN yang menggaungkan nama Ganjar Pranowo sebagai Capres.

 

Dan nama Erick Thohir sebagai Cawapres.

 

"Memang ada yang condong ke nama lain, tapi dua nama itu yang paling banyak disebut," terang Drajad.

 

Menurut dia, aspirasi tersebut tentu akan menjadi bahan pertimbangan Zulkifli Hasan.

 

Apalagi, Ketua Umum PAN juga akan mendiskusikan pengusungan capres-cawapres ini dengan unsur pimpinan PAN yang lain, termasuk antara lain Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP)  PAN M. Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir dan dirinya.

 

"Tentu saja, sebagaimana sering disampaikan oleh Ketum dalam berbagai fora, beliau akan mendiskusikan juga dengan Presiden, para Ketum parpol yang lain, dan para stakeholders PAN," jelasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengajak para ketua umum partai politik (parpol) koalisi pendukung pemerintah untuk bertemu.

 

Zulhas, sapaan karibnya, menyebut pertemuan  itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

Awalnya, Zulhas mengatakan bahwa kedatangan dirinya ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi memang menyinggung soal politik.

 

“Tanya-tanya bolehlah," ujar Zulkifli.

 

Zulhas juga sempat bertanya ke Jokowi soal situasi politik saat ini.

 

“‘Nanti saja kita akan kumpul'," kata Zulkifli menirukan ucapan Jokowi kepadanya

 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku membahas sejumlah isu politik dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku membahas sejumlah isu politik dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4/2023). (Kompas TV)

Zulhas mengatakan Jokowi bakal mengundang seluruh ketua umum parpol pemerintah, meski tak menyebutkan secara spesifik siapa saja Ketum yang akan diundang.

 

“Bapak juga mengundang ketua umum partai untuk ngopi bareng," jelas dia.

 

https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/04/27/dewan-pakar-pan-usulan-mendukung-ganjar-capres-dipertimbangkan-lebih-lanjut-oleh-zulhas

  • Hits: 307

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id