Sinyal Keponakan Prabowo Bakal Jadi Penerus Sri Mulyani

Kompas.com - 25/09/2024, 22:05 WIB

Rully R. Ramli, Erlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa menteri keuangan era kepemimpinan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dikabarkan semakin mengerucut, seiring dengan kian dekatnya waktu pelantikan presiden periode 2024 - 2029.

Salah satu kandidat kuat yang dikabarkan akan menempati posisi bendahara negara ialah keponakan Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono.

Nama Thomas Djiwandono memang sudah lama masuk dalam bursa calon penerus Sri Mulyani tersebut, khususnya setelah dirinya ditunjuk sebagai wakil menteri keuangan II pada Juli 2024.

Ekonom senior yang juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran, Dradjad Wibowo, posisi menteri keuangan di kabinet Prabowo - Gibran bisa saja diisi oleh petugas partai politik.

Ia bilang, partai politik memiliki sejumlah profesional yang berkapabilitas untuk mengisi posisi menteri keuangan, salah satunya Thomas Djiwandono yang sempat menjabat sebagai bendahara umum (Bendum) partai Gerindra.

"Menteri keuangan tentu akan dicari yang profesional, profesional kan di parpol juga banyak, kita lihat saja Mas Tomy (Thomas Djiwandondo) Bendum loh, enggak tanggung-tanggung, tapi kerjanya profesional," tutur dia, ditemui di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

"Sejauh ini pasar juga relatif sangat menerima Mas Tomy sebagai Wamenkeu," sambungnya.

Dradjad membenarkan, kandidat calon menteri kabinet pemerintahan mendatang sudah mengerucut, dan Prabowo sudah mengantongi nama-nama yang akan dipilih.

Akan tetapi, Dradjad mengaku tidak mengetahui rincian nama-nama yang sudah ada di "kantong" Prabowo.

"Saya rasa beliau (Prabowo) tahu siapa yang cocok jadi menteri keuangan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga sempat memberikan "sinyal", Thomas yang akan melanjutkan tongkat estafetnya pada pemerintahan mendatang.

Momen itu terjadi dalam gelaran rapat kerja Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dilaksanakan pada Rabu (21/8/2024).

Kala memberikan pernyataan penutup, Sri Mulyani menitipkan Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono, kepada para anggota dewan.

"Titip wakil menteri saya yang ini Pak, (Thomas). Ini yang akan meneruskan," kata Sri Mulyani, dalam gelaran Rapat Kerja Komisi XI DPR, di Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu.

https://money.kompas.com/read/2024/09/25/220500026/sinyal-keponakan-prabowo-bakal-jadi-penerus-sri-mulyani

  • Hits: 15

About SDI


Sustainable development is defined as “development that meets the current need without reducing the capability of the next generation to meet their need (UNCED, 1992)

Partner

Contact Us

Komplek Kehutanan Rasamala
Jl.Rasamala No.68A
Ciomas,Bogor Jawa Barat 16610

Telp : 0251-7104521 
Fax  : 0251-8630478
Email: sdi@sdi.or.id