January 29, 2023

PAN soal Isu Pecah Kongsi Paloh-Jokowi: Absen Acara NasDem Pesannya Jelas

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews

Kamis, 12 Jan 2023 19:37 WIB

 

Jakarta - Muncul isu Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pecah kongsi. PAN mengungkit soal tak hadirnya Jokowi di acara HUT Partai NasDem beberapa waktu lalu.

 

"Kalau dinamika, jelas ada. Kita politisi kan sudah lumayan berpengalaman membaca hal-hal yang tersirat. Bukan hanya hal-hal yang tersurat atau terucap," kata Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

 

Dradjad lalu mengungkit Jokowi yang tidak menghadiri acara NasDem. Diketahui Jokowi tidak hadir di acara HUT NasDem beberapa waktu lalu.

 

"Apalagi bagi politisi dengan latar belakang budaya Jawa. Saya yang arek Suroboyo saja sejak kecil hidup dalam budaya seperti itu. Apalagi Presiden Jokowi yang berasal dari salah satu pusat budaya Jawa. Ketidakhadiran beliau di acara NasDem itu sudah sangat jelas pesannya. Itu bukan hanya tersirat, tapi sudah bahasa yang jelas," katanya.

 

Dradjad menilai dinamika yang muncul ini masih bisa diperbaiki. "Apakah masih bisa diperbaiki? Masih. Dalam politik Indonesia, segala sesuatu sangat mungkin terjadi," ujarnya.

 

Dia lalu menyinggung dampaknya ke koalisi pemerintahan buntut isu pecah kongsi Surya Paloh dan Jokowi mencuat. Menurutnya, hal ini hanya bisa dirasakan oleh para menteri-menteri NasDem di kabinet Jokowi.

 

"Apakah berdampak di koalisi pemerintahan? Saya rasa sebaiknya ditanyakan ke menteri-menteri dari NasDem. Mereka yang merasakan langsung hal-hal yang tersirat dan terucap dalam interaksi dengan Presiden dan lingkaran dekat Presiden. Teman-teman saya para menteri dari NasDem adalah politisi atau birokrat yang kenyang asam garam. Mereka paham," kata dia.

 

Dradjad enggan berkomentar banyak soal peluang menteri NasDem akan kena reshuffle Jokowi. Dia hanya memastikan menteri PAN yang diisi oleh Ketum Zulkifli Hasan (Zulhas) di pos Kementerian Perdagangan (Kemendag) berjalan sukses.

 

"Soal di-reshuffle atau tidak, tidak elok jika saya berkomentar. Itu hak Presiden sepenuhnya. Apalagi, PAN ini 'cah anyar'. Baru bergabung dng koalisi Pak Jokowi. Jadi PAN fokus membantu kesuksesan tugas Ketum Bang Zul sebagai Mendag," ujarnya.

 

"Masalah harga barang kan langsung dirasakan ibu-ibu. PAN ingin dicintai ibu-ibu, jadi harus all out membantu pemerintahan Presiden Jokowi menstabilkan harga-harga," sambungnya.

 

NasDem Tepis Pecah Kongsi

Wasekjen NasDem Hermawi Taslim menepis adanya kabar Ketum Surya Paloh dan Presiden Jokowi pecah kongsi. Hermawi mengatakan komunikasi sampai saat ini terjalin baik.

 

"Tidak benar pecah kongsi, komunikasi tetap terjalin dengan baik. Semua on proses," kata Hermawi dikonfirmasi, Kamis (12/1).

 

Hermawi menyebut diskusi antara Jokowi dan Paloh terus berjalan. Poin-poin penting bakal terus didiskusikan oleh kedua belah pihak.

 

"Proses terus berlangsung hanya memang masih belum final. Masih ada point-point penting yang akan terus didiskusikan dan disepakati," ujarnya.

 

https://news.detik.com/pemilu/d-6512697/pan-soal-isu-pecah-kongsi-paloh-jokowi-absen-acara-nasdem-pesannya-jelas/2