January 29, 2023

Isu Kepindahan Sandiaga ke PPP Dinilai Bisa Berdampak Positif ke KIB, Benarkah?

December 31, 2022

Iconomics - Isu bergabungnya Sandiaga Salahuddin Uno dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai bisa membawa angin positif bagi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Walau begitu, dampak positif tersebut perlu diuji dengan tingkat elektabilitas Sandiaga untuk menaikkan suara pemilihan di Pemilu 2024.

 

“Tergantung pada kekuatan Sandiaga dalam membawa suara pemilih. Jika elektoral Sandiaga melejit, tentu dampaknya akan positif. Demikian sebaliknya,” kata Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo dalam keterangan resminya, Sabtu (31/12).

Drajad mengatakan, spekulasi Sandiaga akan menjadi calon presiden atau calon wakil presiden dari KIB masih terlalu dini untuk disampaikan. Apalagi, urusan pencalonan akan diputuskan secara bersama-sama para ketua umum partai koalisi dari Golkar, PAN, dan PPP.

 

“PAN misalnya, prosesnya melalui rapat kerja nasional (Rakernas), di mana Rakernas sudah memberi mandat kepada Ketum Zulkifli Hasan untuk memutuskan sesuai perkembangan politik terakhir. Jadi, saya tidak akan berspekulasi tentang isu di atas,” ujar Drajad.

 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan isu kepindahan Sandiaga ke PPP. Dan, kabar tersebut sudah diperoleh dari Fraksi PPP.

“Jadi, kalau sudah menjadi anggota PPP, tentunya itu kan kewenangan PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan. Kalau sudah resmi ke PPP, ya jangan ditanyakan ke Gerindra dong,” kata Dasco.

 

Untuk saat ini, kata Dasco, Gerindra belum menerima surat pengunduran diri dan keterangan resmi dari Sandiaga soal kepindahannya ke PPP. “Sepertinya belum, tapi saya dengar kabar terakhir dari teman-teman Fraksi PPP.

 

Mungkin bisa nanti ditanyakan bahwa sebentar lagi sudah sah menjadi anggota PPP,” ujar Dasco.

 

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, kehadiran Sandiaga di berbagai kegiatan PPP dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bukan sebagai kader partai. Lalu, Sandiaga juga sama sekali belum ada menyampaikan soal kepindahannya itu.

Pertemuan Sandiaga dengan PPP, kata Achmad, hanya sebatas diskusi dan bertukar pikiran sesama anak bangsa. “Misalkan ketika di Hipmi, satu kepengurusan Hipmi. Sebagai sesama umat Islam Bang Sandiaga ini saling berdiskusi bertukar pikiran. Diskusi sesama anak bangsa itu bagus,” kata Achmad.

 

https://www.theiconomics.com/politics/isu-kepindahan-sandiaga-ke-ppp-dinilai-bisa-berdampak-positif-ke-kib-benarkah/