January 29, 2023

PAN Tanggapi Potensi Sandiaga Gabung PPP: Bisa Berdampak Positif bagi KIB

Sabtu, 31 Desember 2022 10:02

 

Merdeka.com - Ketua Dewan Pakar PAN Drajad Wibowo menilai, bila Sandiaga Uno bergabung dengan PPP bisa menjadi angin positif kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Asalkan Sandiaga masih punya kekuatan untuk membawa suara pemilih.

 

"Soal apakah akan berdampak positif, tentu sangat tergantung pada kekuatan Sandi dalam membawa suara pemilih. Jika elektoral Sandi melejit, tentu dampaknya akan positif. Demikian juga sebaliknya," ujar Drajad kepada wartawan, dikutip Sabtu (31/12).

lg.php.gif

Namun, masih terlalu dini bila Sandiaga menjadi calon presiden atau calon wakil presiden dari KIB. Keputusan capres cawapres KIB masih menunggu pertemuan ketiga ketua umum Golkar, PPP dan PAN.

 

"Soal apakah Sandi bisa menjadi capres atau cawapres KIB, sekarang masih terlalu dini untuk berspekulasi. Pada waktunya nanti, pencapresan ini akan diputuskan bersama oleh para Ketum Golkar, PAN dan PPP," ujarnya.

 

Pengambilan keputusan soal calon presiden KIB, harus selesai proses internal masing-masing partai politik. Maka itu, Drajad enggan spekulasi apakah Sandiaga bakal menjadi capres atau cawapres dari KIB.

 

"Tentu setelah proses internal masing-masing parpol dijalankan. PAN misalnya, prosesnya adalah melalui Rakernas, di mana Rakernas sudah memberi mandat kepada Ketum bang Zul untuk memutuskan sesuai perkembangan politik terakhir. Jadi saya tidak akan berspekulasi tentang isu di atas," kata Drajad.

 

Sebelumnya, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menuturkan, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno sebentar lagi akan menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dasco mendengar kabar tersebut dari rekan-rekan dari Fraksi PPP DPR RI.

 

"Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman fraksi PPP bahwa pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," ujar Dasco di DPR RI, Rabu (28/12).

 

Namun, saat ini Gerindra belum menerima secara resmi pengunduran diri dari Sandiaga. Dasco bilang, kabar kepindahan Sandi ke PPP itu baru sebatas informasi yang disampaikan anggota DPR PPP.

"Ya saya baru dengar dari teman-teman fraksi PPP. Jadi silahkan ditanyakan ke yang bersangkutan, dan ditanyakan ke PPP," kata wakil ketua DPR RI ini. [rhm]

https://www.merdeka.com/politik/pan-tanggapi-potensi-sandiaga-gabung-ppp-bisa-berdampak-positif-bagi-kib.html