February 24, 2024

TKN: Prabowo-Gibran Berkomitmen Dorong Hilirisasi dengan Standar Kelestarian

Kamis, 25 Januari 2024 | 19:54 WIB

Penulis: Celvin Moniaga Sipahutar | Editor: CAH

 

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar ekonomi yang juga anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo menegaskan komitmen pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran untuk menerapkan standar kelestarian secara konsisten seraya mendorong pengembangan hilirisasi.

 

Di sisi lain, Dradjad menilai potensi kerusakan lingkungan memang ada dalam program hilirisasi.

 

"Itu yang harus kita minimkan ada standar-standarnya yang berlaku internasional. Itu yang harus kita terapkan. Standar itu untuk meminimumkan kerusakan lingkungannya," jelas Dradjad dalam diskusi Katadata Forum bertajuk “Dilema Hilirisasi Tambang: Dibatasi atau Diperluas?“ di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

 

Ia menyebut, dalam peta program yang telah dicanangkan, Prabowo-Gibran nantinya bakal mendorong pengembangan hilirisasi untuk 21 komoditas mulai dari pertambangan, mineral, tanaman, hingga sumber laut.

 

"Road map-nya sudah ada 21 komoditas. Kemudian, di tambang itu mungkin yang berikutnya adalah akan masuk ke bauksit sama tembaga . Jadi akan masuk ke sana. Investasinya sudah mulai, ada di BKPM dan itu yang akan kita teruskan. Kalau untuk yang lainnya seperti saya sampaikan tadi, minyak pun kita dorong hilirisasi untuk ke industri PET (polyethylene terephthalate)," tandasnya.

 

Selain itu Dradjad Wibowo, menilai bahwa klaim calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) soal dominasi tenaga kerja asing dalam program hilirisasi adalah hal yang tidak tepat.

 

"Tenaga kerja asing mendominasi? Dari datanya sudah kelihatan. Angkanya enggak betul," ujar Dradjad.

 

Dia menegaskan, berdasarkan data, klaim tersebut tidak akurat. Ia pun meminta pihak-pihak untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak akurat.

 

"Tadi saya beri contoh, kayu lapis, kertas, dan bubur kertas itu tenaga asing enggak mendominasi, hanya sebagian kecil saja. Saya rasa nanti polanya akan sama ya. Jadi kita jangan menyebarkan hal-hal yang tidak benar," tuturnya.

 

https://www.beritasatu.com/ekonomi/2796153/tkn-prabowo-gibran-berkomitmen-dorong-hilirisasi-dengan-standar-kelestarian