February 24, 2024

TKN Sebut Prabowo-Gibran Punya Supervisi untuk Hilirisasi

Kamis, 25 Januari 2024 | 18:59 WIB

Penulis: Celvin Moniaga Sipahutar | Editor: JAS

 

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, menegaskan bahwa pasangan calon (paslon) yang didukungnya itu bakal mendorong hilirisasi. Tak hanya itu, Prabowo-Gibran juga disebut punya supervisi akan program tersebut.

 

Adapun supervisi tersebut mengenai hilirisasi pertambangan. Misalnya, nikel yang merupakan salah satu sumber daya alam tak terbarukan.

 

"Nikel itu termasuk sumber daya alam yang tidak terbarukan. Untuk sumber daya alam yang tidak terbarukan, strategi hilirisasi dari Prabowo-Gibran adalah kita hemat pemakaiannya, kita cari nilai tambah sebesar mungkin," ucap Dradjad saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

 

Lebih lanjut, Dradjad menyatakan bahwa surplus dari nilai tambah hasil hilirisasi pertambangan kemudian bakal dimanfaatkan Prabowo-Gibran di sektor-sektor krusial, terutama teknologi.

 

Hal ini penting dilakukan walaupun Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia. Dengan demikian, Indonesia dapat melakukan anstisipasi jika cadangan nikel habis beberapa tahun mendatang.

 

"Kemudian surplusnya, kelebihannya kita investasikan ke pendidikan, kesehatan, serta inovasi dan teknologi. Tujuannya apa? Nanti ketika entah 20, 30, atau 40 tahun lagi nikelnya habis, itu kita sudah mempunyai teknologi sehingga kota-kota tambang di Indonesia tidak menjadi kota-kota mati," jelas Dradjad.

 

Pakar ekonomi senior Indef itu menambahkan, dalam peta program yang telah dicanangkan, Prabowo-Gibran nantinya bakal mendorong pengembangan hilirisasi untuk 21 komoditas mulai dari pertambangan, mineral, tanaman, hingga sumber laut.

 

"Road map-nya kita sudah ada 21 komoditas. Kemudian, di tambang itu mungkin yang berikutnya akan masuk ke bauksit sama tembaga. Jadi akan masuk ke sana. Investasinya sudah mulai, ada di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan itu yang akan kita teruskan. Kalau untuk yang lainnya seperti saya sampaikan tadi, minyak pun kita dorong hilirisasi untuk ke industri PET (polyethylene terephthalate)," tandasnya.

 

https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/2796142/tkn-sebut-prabowo-gibran-punya-supervisi-untuk-hilirisasi