February 24, 2024

Prabowo-Gibran Siap Lanjutkan Hilirisasi sebagai Strategi Menuju Indonesia Emas 2045

Penulis: Agnes Valentina Christa | Editor: RZL
Rabu, 6 Desember 2023 | 17:28 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo menyatakan bahwa calon presiden (capres) Prabowo Subianto, dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka, siap melanjutkan dan menyelesaikan permasalahan terkait proses industrialisasi, hilirisasi, dan mitigasi perubahan iklim.

 

"Prabowo-Gibran akan melanjutkan industrialisasi dan hilirisasi, dan mitigasi perubahan iklim itu sebagai bagian dari integral dari strategi Indonesia keluar dari middle income trap menuju Indonesia emas 2045," ungkap Dradjad ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

 

Dradjad menyoroti masalah-masalah yang muncul dalam proses hilirisasi, seperti masalah lingkungan hidup, ketenagakerjaan, dan gugatan dari pihak luar, yang menjadi tantangan dalam proses tersebut. Ia menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks geopolitik dan sejarah dalam membenahi setiap masalah, dan kedua konteks tersebut menjadi penguat untuk melanjutkan strategi menuju Indonesia Emas 2045.

 

"Ada produk-produk lain, 21 produk yang kita lihat termasuk batu bara, minyak sawit, dan garam, semuanya harus dipertimbangkan," tambahnya.

 

Diketahui, Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan, 16 Agustus 2023 mengatakan pemerintah telah merumuskan pemanfaatan kesempatan menuju Indonesia Emas 2045, dengan penekanan pada hilirisasi.

 

Jokowi menekankan penggunaan energi terbarukan, minimnya dampak teknologi terhadap lingkungan, dan transfer teknologi sebagai bagian dari hilirisasi. Selain itu, hilirisasi juga harus berkolaborasi dengan para UMKM, petani, rakyat, nelayan, hingga rakyat kecil.

 

Jokowi yakin bahwa langkah ini dapat meningkatkan pendapatan negara sebanyak dua kali lipat.

 

https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/2785358/prabowo-gibran-siap-lanjutkan-hilirisasi-sebagai-strategi-menuju-indonesia-emas-2045