February 24, 2024

News

Kampanye di Bandung, Prabowo-Gibran Didampingi Erick Thohir, Hatta Rajasa, dan Raffi Ahmad

Kompas.com - 08/02/2024, 18:18 WIB

Rahel Narda Chaterine, Novianti Setuningsih

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menghadiri acara bertajuk "Temu Kader Pagelaran Anak Negeri Prabowo-Gibran" di Stadion GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/2/2024).

 

Pantauan Kompas.com di lokasi, beberapa menit sebelum acara, hujan turun di sekitar tempat acara.

 

Sekitar pukul 16.30 WIB, Gibran masuk ke panggung sambil menerobos hujan yang sudah mulai mereda untuk naik ke atas panggung.

 

Di lokasi juga turut dihadiri Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; eks Menteri Perhubungan Hatta Rajasa; dan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Gibran di Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

Selain itu, terlihat juga Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo; Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno; ulama Gus Miftah; serta influencer Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina.

 

Tak lama setelahnya, Prabowo pun tiba didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani; hingga eks politikus PDI-P Maruarar Sirait.

 

Dari atas panggung, Prabowo dan Gibran menyapa warga yang hujan-hujanan datang ke lokasi.

 

Sambil mengelilingi panggung, Prabowo dan Gibran pun menyalami beberapa warga yang ada di arena depan panggung.

 

Gibran juga sesekali terlihat meladeni warga yang ingin berfoto dengannya. Dia juga turut membagikan gantungan kunci ke massa pendukungnya.

 

Dalam orasinya, Prabowo memastikan akan melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

"Kami akan melanjutkan semua yang sudah dirintis karena semua yang ditintis itu sangat sangat bermanfaat bagi masa depan kita semua," ujar Prabowo disambut antusias massa pendukungnya.

 

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/08/18180931/kampanye-di-bandung-prabowo-gibran-didampingi-erick-thohir-hatta-rajasa-dan

 

Soal Makan Siang Gratis, TKN: Jangan Diketawain, Itu Program Dahsyat

Bisa bikin anak muda minat kerja di sektor pertanian

 

05 Feb 24 | 19:07

Verified:  Trio Hamdani

 

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, menegaskan bahwa program makan siang gratis bukanlah sesuatu yang sepele atau patut ditertawakan.

 

Dia menyatakan program makan siang gratis memiliki dampak serius, bahkan telah diimplementasikan di 76 negara.

 

“Yang pertama, makan siang gratis. Tolong jangan diketawakan karena itu program yang dahsyat ya, sudah dilakukan 76 negara,” kata dia dalam diskusi bertajuk “Muda Menggugat” dan Peluncuran Deklarasi Ekonomi Hijau Greenpeace Indonesia, di Toeti Heraty Museum, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

 

1. Program makan siang gratis diyakini tingkatan minat anak muda kerja di pertanian

Dradjad menyampaikan bahwa banyak anak muda yang enggan terlibat dalam sektor pertanian karena dianggap kurang menjanjikan. Namun, dengan program makan siang gratis yang melibatkan negara sebagai pembeli atau offtaker, harga produk pertanian akan terjamin.

 

Hal itu, kata dia, diharapkan dapat memberikan kepastian kepada anak-anak muda yang ingin terlibat dalam pertanian sehingga membuatnya lebih menarik dan menjamin perekonomian mereka di sektor tersebut.

 

“Nah, dengan adanya program ini, negara menjadi pembeli, menjadi offtaker, otomatis harga akan terjamin. Jadi otomatis anak-anak muda yang ingin terjun ke pertanian akan lebih terjamin,” tuturnya.

 

2. Program makan siang gratis diyakini akan melahirkan green jobs

Dradjad menyatakan bahwa lapangan pekerjaan berkelanjutan atau green jobs akan muncul dari sektor-sektor seperti pertanian, kehutanan, dan peternakan. Program makan siang gratis juga akan mendukung kemunculan green jobs.

 

Dia menyatakan bahwa Prabowo-Gibran dapat menciptakan 19 juta lapangan kerja dalam waktu 5 tahun, dengan 5 juta di antaranya merupakan green jobs.

 

“Kita lapangan kerja langsungnya itu kita sudah targetkan. Karena memang kita mau genjot transisi ke ekonomi hijau itu, dan di dalam visi-misi Prabowo-Gibran eksplisit sekali ekonomi hijau, ekonomi sirkular, ekonomi digital. Jadi kita eksplisit sekali di dalam visi-misi itu,” tuturnya.

 

3. Gibran sebut program makan siang gratis Rp400 triliun banyak dinyinyiri

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengakui bahwa program makan siang gratis yang diusung bersama calon presiden Prabowo Subianto kerap mendapatkan nyinyiran.

 

Meski demikian, Gibran menegaskan program makan siang gratis ini merupakan investasi menuju Indonesia emas.

 

"Kita punya program makan siang gratis banyak yang nyinyir, tetapi sekali lagi program makan siang gratis ini investasi menuju Indonesia emas, program makan siang gratis Rp400 triliun ini adalah stimulan untuk ibu-ibu, warteg-warteg warung-warung, catering catering yang ada di daerah-daerah," ujar Gibran di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

 

https://www.idntimes.com/business/economy/trio-hamdani/soal-makan-siang-gratis-tkn-jangan-diketawain-itu-program-dahsyat.


 

TKN Prabowo-Gibran: Jangan Tertawakan Makan Siang Gratis, Itu Program Dahsyat

Selasa, 6 Februari 2024 05:05 WIB

Reporter: Amelia Rahima Sari

Editor: Martha Warta Silaban

 

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo, angkat bicara soal program makan siang gratis yang sering ditertawakan.

 

"Jadi makan siang gratis, tolong jangan ditertawakan karena itu program yang dasyat. Sudah dilakukan di 76 negara," kata Drajad dalam Diskusi Muda Menggugat dan Peluncuran Deklarasi Ekonomi Hijau Greenpeace Indonesia di Jakarta pada Senin, 5 Februari 2024.

 

Dia mencontohkan bahan-bahan makanan dari program makan siang gratis akan disediakan oleh para petani dan peternak. Dengan program ini, kata dia, negara menjadi pembeli atau offtaker. "Otomatis harga terjamin," ucap dia.

 

Di sisi lain, dia menyebut, anak-anak muda enggan menjadi petani. Sebab, dinilai tidak menjanjikan.

 

Drajad mengklaim program ini juga bisa membuat generasi muda tertarik bekerja di sektor pertanian. Ihwalnya, harga pangan terjamin. "Jadi, otomatis anak-anak muda yang ingin terjun ke pertanian akan lebih terjamin," tutur Drajad.

 

Sebelumnya pada Debat Cawapres pertama, Gibran mengatakan banyak yang nyinyir dengan program makan siang gratis. Namun, ujar dia, program ini adalah investasi menuju Indonesia Emas 2045.

 

Menurut Gibran makan siang gratis dengan biaya sebesar Rp 400 triliun ini bakal menjadi stimulan bagi ibu-ibu yang memasak makanan dalam program ini. Sehingga, uang ratusan triliun itu akan mengalir hingga ke daerah-daerah.

 

https://bisnis.tempo.co/read/1830086/tkn-prabowo-gibran-jangan-tertawakan-makan-siang-gratis-itu-program-dahsyat

 

 

TKN Prabowo-Gibran: Orang Tertawa dengan Hilirisasi Digital karena Belum Tahu.

Selasa, 6 Februari 2024 08:37 WIB

Reporter: Amelia Rahima Sari

Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti

 

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, buka suara soal program hilirisasi digital yang sering disorot publik belakangan ini.

 

"Orang tertawa dengan hilirisasi digital, tapi karena mungkin mereka belum tahu apa itu produk-produk ekonomi digital," kata Drajad dalam acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta pada Senin, 5 Februari 2024.

 

Dia mencontohkan, misalnya bank memberikan layanan mobile banking. Hal ini disebut digitalisasi.

 

"Tapi ketika jago-jago data, jago-jago matematika, jago-jago computing di-hire oleh bank itu, memanfaatkan data yang itu, kemudian dia membuat produk, itu hilirisasi digital," kata Drajad.

 

Hal tersebut lah yang ingin didorong oleh Prabowo dan Gibran. Drajad pun mendorong anak-anak muda yang jago matematika maupun programming untuk terjun ke arah sana karena akan menjadi pemerataan kesempatan kerja.

 

Sebelumnya, narasi hilirisasi digital sejatinya telah dilontarkan oleh Gibran pada Debat Cawapres pertama pada akhir Desember 2023. Kala itu, Gibran mengatakan butuh generasi emas untuk mewujudkan Indonesia emas.

 

Oleh karena itu, kata dia, Indonesia harus mampu mengubah tantangan masa depan (future challenge) menjadi future opportunity alias kesempatan masa depan. Caranya dengan future talents (bakat masa depan) yang dilengkapi dengan future skills (skil masa depan).

 

"Untuk itu hilirisasi digital akan kami genjot," ujar Gibran pada Jumat, 22 Desember 2023.

 

Gibran juga yakin sekitar 19 juta lapangan kerja akan terbuka untuk semua kalangan, termasuk generasi Z hingga kaum disabilitas pada lima tahun mendatang.

 

"Manfaat hilirisasi juga akan dapat menciptakan lapangan kerja hingga 19 juta lapangan kerja dalam lima tahun ke depan. Ini adalah peluang yang luar biasa, khususnya untuk generasi milenial, generasi Z, kaum perempuan dan juga kawan-kawan disabilitas," ujar dia di acara 'Suara Muda untuk Prabowo-Gibran, Menjemput Indonesia Maju' di JCC Jakarta, Sabtu, 27 Januari 2024.

 

Putra sulung Presiden Jokowi ini pun menekankan pentingnya proses hilirisasi digital demi kemajuan bangsa dan hal itu membutuhkan tenaga anak-anak muda yang ahli di berbagai bidang yang berkaitan dengan teknologi.

 

"Hilirisasi digital memerlukan anak-anak muda yang ahli di bidang data scientist, AI researcher, video game designer, UX designer, robotic engineer, machine learning engineer, fintech, cyber security, dan lain-lain."

 

https://bisnis.tempo.co/read/1830230/tkn-prabowo-gibran-orang-tertawa-dengan-hilirisasi-digital-karena-belum-tahu

 

Prabowo Siapkan Kredit Startup Agar Milenial Tak Bergantung Orang Tua

Milenial bisa menjadi pencipta lapangan kerja

 

05 Feb 24 | 21:45

Verified: Trio Hamdani

 

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo menyatakan, Prabowo-Gibran berkomitmen untuk menyediakan kredit bagi startup generasi milenial.

 

Dia mengklaim bahwa dari seluruh kandidat calon presiden-calon wakil presiden, hanya Prabowo-Gibran yang secara tegas menyatakan akan memberikan dukungan finansial khusus untuk inisiatif bisnis yang dimiliki generasi milenial.

 

"Prabowo-Gibran satu-satunya yang mengatakan bahwa akan ada kredit startup untuk milenial,” kata dia dalam diskusi bertajuk “Muda Menggugat” dan Peluncuran Deklarasi Ekonomi Hijau Greenpeace Indonesia, di Toeti Heraty Museum, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

 

1. Milenial diyakini bisa berhasil dengan diberikan dukungan

Dia mengatakan bahwa komitmen Prabowo-Gibran untuk menyediakan ekosistem bagi anak muda bukan hanya berdasarkan teori belaka. Dradjad menggambarkan pengalaman pribadinya ketika anaknya, bersama teman-temannya dari ITB, pertama kali terjun ke dunia IT dan menghadapi kesulitan.

 

Namun, dengan adanya dukungan dan ekosistem yang disediakan oleh orang tua, meskipun sempat mengalami kegagalan, akhirnya mereka berhasil.

 

“Saya pribadi punya pengalaman ketika anak saya terjun pertama sekali bersama teman-temannya dari ITB, terjun di IT, mereka kelabakan, bapaknya yang menyediakan ekosistem di situ. Sempet gagal, tapi alhamdulillah akhirnya berhasil,” tuturnya.

 

2. Negara perlu hadir memberikan dukungan untuk anak muda

Dradjad menekankan bahwa upaya dalam membangun ekosistem untuk anak muda tidak boleh hanya mengandalkan dukungan dari orang tua.

 

Sebaliknya, pihaknya memiliki keyakinan bahwa negara dapat menyediakan ekosistem yang mendukung bagi mereka yang ingin terjun dan membangun di berbagai bidang.

 

“Kan ini gak bisa kita hanya mengandalkan bapaknya atau ibunya toh, negara akan menyediakan ekosistem bagi Anda-Anda yang ingin terjun untuk membangun itu. Intinya adalah, Prabowo-Gibran akan menyediakan ekosistem bagian anak muda,” tuturnya.

 

3. Generasi muda bisa menjadi pencipta lapangan kerja

Dengan dukungan dari negara, pihaknya mendorong anak muda berimajinasi dan berkreativitas sebebas dan sehebat mungkin. Selanjutnya, dia menegaskan bahwa negara akan membantu dalam upaya itu untuk memeratakan kesempatan kerja bagi anak muda.

Prabowo-Gibran ingin mengajak generasi muda untuk tidak hanya berpikir sebagai pencari kerja, melainkan juga untuk berusaha menjadi penyedia lapangan kerja.

 

“Kalian tolong berimajinasi, berkreasi sebebas mungkin, sehebat mungkin, negara akan membantu supaya kita juga bisa lebih memeratakan kesempatan kerja bagi anak muda. Jadi jangan hanya berpikir sebagai pencari kerja, try your best to be the provider of jobs,” tambahnya.

 

https://www.idntimes.com/business/economy/trio-hamdani/prabowo-siapkan-kredit-startup-agar-milenial-tak-bergantung-orang-tua.

 

 
More Articles...